Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA AHY Asyik Berlibur di AS Pakai Uang Negara Saat Antar SBY Berobat. (Instagram/@annisayudhoyono)

BeritaHits.id - Beredar narasi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan asyik berlibur pakai uang negara saat mengantar Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY berobat di luar negeri.

Narasi ini dibagikan oleh akun Twitter Nila Murti Tanjung (@nila_mrt). Akun ini mengunggah foto AHY, Annisa Pohan bersama putrinya sedang bergaya di latar belakang gedung pencakar langit.

Dalam narasinya, akun ini menyentil aksi putra pertama SBY tersebut yang malah asyik berwisata di Amerika Serikat. AHY dan Annisa Pohan disebut ikut rombongan SBY yang berobat di luar negeri karena terkena kanker prostat.

Akun ini mengkritik AHY dan keluarga karena berlibur menggunakan uang negara. Selain itu, akun ini juga mengingatkan rakyat Indonesia sudah mendoakan SBY agar cepat sembuh dari kanker prostat.

Baca Juga: 5 Jalur Wisata Sepeda di Kota Yogyakarta yang Baru Diluncurkan Bertajuk Yogowes Monalisa

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

"Ini bukan contoh yang baik bagi kita. Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yang sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean. Mentang 2 di beayai negara."

CEK FAKTA AHY Asyik Berlibur di AS Pakai Uang Negara Saat Antar SBY Berobat. (Yandex)

Lantas benarkah narasi tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Suara.com, narasi AHY dan Annisa Pohan asyik berlibur pakai uang negara saat mengantar SBY berobat ke luar negeri tidak benar.

Baca Juga: Bulan Ini Batam Jadi Tuan Rumah Event Wisata Dirgantara

Faktanya, foto tersebut merupakan foto lawas yang diunggah tahun 2018. Hal ini penelusuran gambar dengan menggunakan aplikasi Yandex.

Hasilnya, foto serupa sudah memenuhi beragam pemberitaan 3 tahun yang lalu. Berbagai artikel menuliskan jika AHY dan keluarganya sedang berlibur di AS pada 2018 silam.

CEK FAKTA AHY Asyik Berlibur di AS Pakai Uang Negara Saat Antar SBY Berobat. (Yandex)

Salah satu artikel yang muncul dengan foto tersebut berjudul "Liburan Sekeluarga ke Amerika Serikat, Potret Annisa Pohan Buat Sarapan Bikin Warganet Salah Fokus". Artikel ini diunggah sajiansedap.grid.id.

Selain itu, bukti foto itu sudah diambil sejak lama terlihat dari akun resmi Instagram Annisa Pohan (@annisayudhoyono).

Annisa Pohan mengunggah foto kebersamaannya dengan suami dan anaknya pada tanggal 31 Maret 2018. Kala itu, mereka memang sedang berlibur di Amerika Serikat, di tengah-tengah kesibukan AHY.

CEK FAKTA AHY Asyik Berlibur di AS Pakai Uang Negara Saat Antar SBY Berobat. (Instagram/@annisayudhoyono)

Sementara itu, Partai Demokrat juga telah memberi klarifikasi terkait beredarnya foto AHY liburan bareng keluarga di saat SBY sakit kanker.

Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan kabar tersebut adalah hoaks.

Itu jelas hoaks, foto lama banget, lebih dari tiga tahun lalu, karena Aira masih kecil banget. Sekarang kan Aira sudah beda tipis tingginya dengan Mbak Annisa," ujar Herzaky dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/11/2021) dikutip dari ANTARA.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi AHY dan Annisa Pohan asyik berlibur pakai uang negara saat mengantar SBY berobat ke luar negeri adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Komentar