Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
Pemandangan terbaru Sirkuit Mandalika (Twitter)

BeritaHits.id - Kabar menghebohkan datang dari ajang World Superbike (WSBK) 2021 seri Mandalika. Sebuah peti kargo yang berisi motor Ducati Panigale V4R yang biasa ditunggangi Michael Ruben Rinaldi dibongkar oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Tak tanggung-tanggung motor tersebut juga dijadikan sebagai konten media sosial oleh oknum yang melakukan unboxing secara ilegal tersebut.

Berikut ini 6 fakta terkait aksi unboxing peti kargo Ducati yang dilakukan tanpa izin di Sirkuit Mandalika, dirangkum BeritaHits.Id dari berbagai sember.

1. Pihak Ducati kecewa

Baca Juga: Boks Ducati Dibongkar Ilegal, dr Tirta Ikut Kesal: Sebelum Ngonten Tolong Otaknya Dipake

Melansir media balap motor asal Swiss, Speedweek, Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti angkat bicara terkait peristiwa ini. Pihaknya menyayangkan kejadian itu dan menilai hal tersebut tak seharusnya terjadi.

Ia juga menambahkan bahwa peristiwa ini menandakan kemunduran besar dalam perkembangan olahraga tersebut.

"Seperti kita ketahui bersama, di dunia motorsport kejadian seperti ini pernah terjadi di negara-negara berkembang, 40 tahun lalu," ujarnya dengan kekecewaan dikutip Kamis, (11/11/2021).

2. Pelaku dipecat

Menindaklanjuti kejadian ini pihak Direktur Eksekutif Super Bike (SBK) Gregorio Lavilla menyebut peristiwa unboxing ilegal yang terjadi merupakan hal yang ada di luar kendalinya.

Baca Juga: Simpel tapi Menyentuh, Aksi Suami sebelum Boncengkan Istri Naik Motor Banjir Pujian

Pihaknya juga telah menjatuhkan tindakan tegas pada oknum panitia yang melakukan aksi tidak bertanggung jawab tersebut.

"Kami sangat menyesal, kejadian ini di luar kendali kami. Karyawan itu sudah dipecat," ujarnya.

3. Dijadikan konten

Tak hanya dibongkar secara ilegal, motor Ducati tersebut juga dijadikan konten media sosial oleh pelaku. 

Dalam unggahan dari akun Twitter @SalvianoAzizan, tampak seorang pria diduga pelaku sedang berfoto bersama motor berwarna merah tersebut.

"Malu nggak? Pihak Ducati marah karena motor yang akan dipakai, di-unboxing secara ilegal. Apalagi dibuat konten YouTube, belum juga race nama Mandalika sudah tercoreng dulu," tulis akun tersebut.

4. Tak boleh dibuka sembarang orang

Sebagai informasi, kargo para pebalap WSBK dan ajang-ajang dunia lainnya memiliki peraturan yang cukup ketat. Kargo tersebut tidak boleh dibuka oleh sembarangan orang. Termasuk pihak panitia lokal di negara masing-masing juga tak boleh asal-asalan membukanya.

Demi mencegah spionase dan manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab, kargo logistik para peserta WSBK hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo saja.

Jika motor Ducati tersebut sempat diutak-atik, maka akan ada pengaruh pada sisi keselamatan pengendara motor atau pebalap.

5. Pelaku diduga lebih dari 1 orang

Berdasarkan penelusuran di media sosial, diduga pelaku yang melakukan unboxing ilegal berjumlah lebih dari satu orang.

Beredar beberapa foto dan video yang memperlihatkan sosok yang dimunculkan Speedweek, ada pula foto orang lain yang sedang berpose dengan motor Ducati tersebut sambil mengacungkan jempol.

6. Video diduga pelaku sedang membuka peti kargo

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, tampak seorang pria berbaju putih dan bertopi putih sedang berdiri di samping peti kargo.

Ia tampak membuka kain yang menutupi motor itu dan mengelap beberapa bagian. Aksinya pun menuai kecaman warganet.

"Ducati ngamuk-ngamuk, mereka bahkan bilang hal ini terakhir terjadi 40 tahun lalu dan di negara dunia ketiga," ujar salah satu warganet.

Komentar