Dany Garjito
Bens Leo (Sumarni/Suara.com)

BeritaHits.id - Bens Leo, pemilik nama lengkap Benediktus Hadi Utomo adalah seorang pengamat musik Tanah Air yang lahir di Pasuruan, Jawa Timur, pada 8 Agustus 1952. Bens Leo menghembuskan nafas terakhirnya di usia 69 tahun, pada 29 November 2021. Untuk mengenang sosoknya, mari kita simak ulasan profil Bens Leo berikut ini:

Bens Leo adalah suami dari seorang dokter spesialis gizi bernama Pauline Endang Praptini. Dari pernikahannya tersebut, sang pengamat musik dikaruniai seorang anak yang bernama Addo Gustaf Putera.

Bens Leo memiliki keahlian di bidang musik dan juga terdaftar sebagai anggota awal tim sosialisasi Anugerah Musik Indonesia (AMI). Bens Leo juga dikenal sebagai pencari bakat dan produser musik, serta sempat memproduseri album hits milik Kahitna, Cerita Cinta.

Karier Bens Leo berawal saat dirinya gagal mengikuti pendidikan AKABRI, lantaran terlambat mendaftar di sekolah penerbangan Curug. Dirinya kemudian mencoba profesi sebagai jurnalis setelah wawancaranya dengan anggota Koes Plus, Tonny Koeswoyo dimuat salah satu surat kabar nasional.

Baca Juga: Berduka, Tantri Kotak Teringat Pertemuan Pertama dengan Bens Leo

Menjadi jurnalis bidang Seni Budaya, Bens Leo juga sempat melakukan wawancara dengan band legendaris Panbers, hingga meliput Festival Lagu Pop Indonesia. Dirinya juga sempat ditunjuk sebagai anggota Dewan Juri Festival Lagu Pop Indonesia di World Popular Song Festival di Tokyo, Jepang. Bahkan Bens Leo juga sempat diundang atas nama pribadi sebagai wartawan musik dari Indonesia untuk meliput World Popular Song Festival 1976. Pada saat itu, dirinya mendampingi Guruh Soekarno Putra, Grace Simon dan Idris Sardi.

Kemudian pada 2000, Bens Leo diajak oleh Maci Gunawan untuk membangun media cetak khusus musik bernama NewsMusik. Namun pada 2003, Bens Leo memilih untuk mengundurkan diri. 

Bens Leo Tutup Usia

Bens Leo meninggal dunia di usia 69 tahun di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Kabar meninggalnya Bens Leo tersebar viral di sejumlah grup WhatsApp.  

"Wartawan senior, pengamat musik kondang, mengabdi 50 tahun di blantika musik. Baru menerbitkan buku #BensLeodanAktuil. Wafat Senin pagi di RS Fatmawati, pkl 08.24 wib. Selamat jalan, kawan!".

Baca Juga: Bens Leo Meninggal Dunia, Adib Hidayat Merasa Kehilangan

Kabar duka tersebut juga disampaikan pihak keluarga melalui Instagram.

"Dengan segala kerendahan hati, kami mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidupnya", tulis pesan tersebut.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar