Dany Garjito | Dwi Atika Nurjanah
Cek Fakta: Ikan Tongkol dan Ikan Tembang Disebut Bawa Penyakit Baru (turnbackhoax.id)

BeritaHits.id - Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa ikan tongkol dan ikan tembang telah menjadi penyebaran penyakit baru. Benarkah demikian?

Narasi tersebut disampaikan oleh akun Facebook Nona Radja yang membagikan sebuah gambar tangkapan layar pada Senin (4/1/2021). Unggahan itu pun telah dibagikan warganet hingga 4,1 ribu kali dan mendapat 32 komentar.

Tampak di dalam tangkapan layar itu, terlihat dua orang laki-laki terbaring di sebuah ruang perawatan.

"Kasi tahu semua para keluarga kita. Jangan beli ikan dulu, soalnnya ada penyebaran penyakit yang mengandung makanan ikan, terkhususnya ikan tongkol dan tembang. Pokoknya semua ikan. Semoga disampaikan di keluarga kita semua. Kasi tahu semua, tolong," tulis keterangan di tangkapan layar itu.

Baca Juga: Video TikTok Seorang Perempuan Dicium Teman-teman Prianya, Mendadak Viral!

Kemudian Nona Radja menuliskan sebuah keterangan di unggahan tangkapan layar foto tersebut.

"Untuk keselamatan dan kebaikan kita. Kita stop beli ikan dulu karena ada penyakit baru sekarang. Mohon diinfokan kepada sekeluarga kita,” tulis Nona Radja

Cek Fakta: Ikan Tongkol dan Ikan Tembang Disebut Bawa Penyakit Baru (turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN
Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyatakan adanya penyebaran penyakit baru melalui ikan tongkol dan ikan tembang adalah klaim yang keliru.

Peristiwa di foto itu tidak terkait dengan penyebaran penyakit baru, melainkan foto yang menunjukkan warga Kecamatan Kodi Blaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), NTT yang keracunan ikan tembang pada Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Viral Nama Unik 3 Bersaudara Dot Com, Ini Kisah di Baliknya

Di Indonesia sendiri, kasus keracunan ikan pernah beberapa kali terjadi sebelumnya.

Komentar