facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Amien Rais: Al-Qur'an itu Pedoman agar Tak Mengumbar Syahwat Berkuasa!

Reza Gunadha | Dwi Atika Nurjanah Kamis, 07 Januari 2021 | 15:35 WIB

Amien Rais: Al-Qur'an itu Pedoman agar Tak Mengumbar Syahwat Berkuasa!
"Mengapa Harus AL-QUR'AN? #lawankezaliman" (YT/Amien Rais Official)

Melalui kanal Youtube-nya, Amien Rais menjawab pertanyaan mengapa dirinya selalu membawa ayat-ayat Al-Qur'an dan bagikan alasan mengapa kitab itu dapat memerangi kezaliman.

BeritaHits.id - Politisi senior Amien Rais menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan padanya, melalui kanal Youtube Amien Rais Official pada Rabu (6/1/2021).

Dalam video tersebut, terlihat ia menjawab pertanyaan mengapa dirinya sangat sering membawa ayat Al-Qur'an disetiap ucapannya. Hal itu dikarenakan, Al-Qur'an dapat menunjukkan jalan kehidupan paling lurus, paling kokoh, dan paling solid menurut Amien Rais.

"Al-Qur'an adalah petunjuk yang paling lurus," ucap Amien Rais dalam video kanal Youtube Amien Rais Official berjudul 'Mengapa Harus AL-QUR'AN? #lawankezaliman'.

Amien Rais juga menyampaikan pendapatnya terkait pentingnya kitab suci umat Islam. Dia menyebut Al-Qur'an sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena kitab tersebut telah mengatur kehidupan manusia paling dasar.

Baca Juga: Pria Berkemeja Kotak-Kotak Warna Merah Hitam Nekat Curi Alquran

"Dalam mengelola kehidupan memang paling dasar itu adalah Al-Qur'an. Oleh karena itu, seorang mukmin (kaum muslim) harus melandaskan sikap dan tindakannya pada Al-Qur'an, termasuk dalam bidang politik. Seorang ulama mengatakan bahwa sesungguhnya secara komprehensif Al-Qur'an itu dipegang oleh kaum muslimin sebagai akidah, tuntunan ibadah, tuntunan politik, kemudian tuntunan akhlak," terangnya.

Tak hanya itu, Amien Rais juga menjelaskan bahwa agama Islam itu utuh dan total. Dia menuturkan bahwa agama tak bisa dicampur adukan dengan aktivitas ekonomi bahkan politik.

"Islam tidak bisa dilakukan departementalisasi ini politik, itu ekonomi, ini kehidupan di masjid, itu kehidupan bisnis, ini profan, itu sakral," jelasnya.

Bahkan, Amien Rais menuturkan bahwa jika manusia tak berpedoman pada Al-Qur'an maka akan menjadi split personality (gangguan kepribadian ganda).

"Kalau kita tidak mengikuti Al-Qur'an, kita menjadi split personality. Jadi, suatu saat kita megang Al-Qur'an, di saat lain kita jadi sekuler. Kita tiba-tiba jadi pengikut situasional morality," imbuh Amien Rais.

Baca Juga: Polisi Beber Motif Pria Curi Alquran di dalam Masjid

Amien Rais menilai, seorang politisi mukmin yang menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman, tidak akan ugal-ugalan mengumbar syahwat untuk berkuasa.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait