alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Video Mahfud MD Joget Setelah Pembubaran FPI, Ini Faktanya

Reza Gunadha | Dwi Atika Nurjanah Jum'at, 08 Januari 2021 | 19:38 WIB

Heboh Video Mahfud MD Joget Setelah Pembubaran FPI, Ini Faktanya
Cek fakta video Mahfud MD yang berjoget setelah pembubaran FPI (turnbackhoax.id)

Benarkah klaim video yang memperlihatkan Mahfud MD asyik berjoget setelah FPI dibubarkan? Ini Faktanya!

BeritaHits.id - Sebuah rekaman video memperlihatkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sedang asyik berjoget.

Video tersebut, disebut-sebut sebagai bentuk ceremony Mahfud MD yang senang melihat FPI telah dibubarkan.

Kemudian, video itu diunggah oleh pemilik akun Facebook Siti Masruroh yang kemudian dibagikan oleh akun Facebook Ian Oppo Sisi Sih, disertai klaim yang mengaitkan video itu dengan pembubaran FPI.

"Abis bubarin FPI kita joget gaeesss," tulis keterangan unggahan tersebut pada Rabu (6/1/2021).

Baca Juga: Serahkan Nama Calon Kapolri ke Presiden, Mahfud MD: Semuanya Bintang 3

Unggahan Oppo Sisi Sih itu pun telah ditanggapi sebanyak 47 komentar dan telah dibagikan 11 kali oleh pengguna Facebok lainnya.

Cek fakta video Mahfud MD yang berjoget setelah pembubaran FPI (turnbackhoax.id)
Cek fakta video Mahfud MD yang berjoget setelah pembubaran FPI (turnbackhoax.id)

Lantas, benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN
Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, rekaman tersebut merupakan video yang sudah ada sejak tahun 2014 lalu dan tidak terkait dengan pembubaran FPI.

Padahal saat video itu dibuat, Mahfud MD belum menjabat sebagai Menko Polhukam, dan secara de jure FPI telah bubar sebagai ormas sejak 21 Juni 2019.

Sebagai ormas FPI tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan serta bertentangan hukum. Maka pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan melarang kegiatan yang mengatasnamakan organisasi FPI. Pengumuman ini disampaikan Mahfud MD, di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Mahfud MD Serahkan Nama Calon Kapolri ke Jokowi

Diketahui video tersebut berasal dari kanal Youtube Ai Siti Hafsyiah yang berjudul “Mahfud MD Goyang I Like Dangdut” diunggah pada 20 November 2014.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait