alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Pria Sebut Black Box Tak Harus Diutamakan, Publik Menghujat: Mikir!

Reza Gunadha | Hernawan Selasa, 12 Januari 2021 | 19:57 WIB

Viral Pria Sebut Black Box Tak Harus Diutamakan, Publik Menghujat: Mikir!
Viral Video Pria Sebut Black Box Tak Harus Diutamakan (Instagram/berita_gosip).

"Jadi bukan black box-nya yang dicari, bukan black box yang diutamakan, black box itu apa. Sebenarnya kita mau menyelamatkan nyawa atau mau menyelamatkan data," kata pria itu.

BeritaHits.id - Black box menjadi salah satu komponen penting di dalam pesawat terbang. Sebab kotak hitam itu berfungsi untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara, juga untuk mengetahui tekanan udara serta cuaca selama penerbangan.

Baru-baru ini, viral di media sosial, sebuah video yang merekam momen seorang pria menyebut pencarian black box bukan prioritas utama.

Pasalnya, menurut dia sebelum itu pihak maskapai seharusnya terlebih dulu memikirkan soal bagaimana pesawat bisa aman setiap kali terbang.

Video pria tersebut semula beredar di TikTok sebelum dibagikan oleh pengelola akun Instagram @berita_gosip dan menjadi sorotan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ini Transkrip Rekaman Percakapan Pilot Sriwijaya SJ182?

"Seharusnya bukan black box yang dipermasalahkan. Harusnya mereka, para pencipta pesawat, perusahaan Boeing segala macam, seharusnya melakukan bagaimana biar pesawatnya bisa safety (aman) ketika mendarat di air," kata pria itu seperti dikutip Suara.com.

Viral Video Pria Sebut Black Box Tak Harus Diutamakan (Instagram/berita_gosip).
Viral Video Pria Sebut Black Box Tak Harus Diutamakan (Instagram/berita_gosip).

Dengan lantang, pria itu mengatakan, pencarian black box bukan yang seharusnya diutamakan. Sebab perjalanan itu memprioritaskan nyawa, bukan data.

"Jadi bukan black box-nya yang dicari, bukan black box yang diutamakan, black box itu apa. Sebenarnya kita mau menyelamatkan nyawa atau mau menyelamatkan data," terang pria itu.

"Itu dulu. Mikir... Mikir..." tandasnya.

Aksi pria yang mengungkit keberadaan kotak hitam tersebut menuai perdebatan di kalangan warganet. Sebagian dari mereka tidak menyalahkan opini pria tersebut.

Baca Juga: Viral Suasana Penumpang Pesawat Usai Tahu Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Pasalnya pria itu dirasa benar, prioritas adalah nyawa dan pihak maskapai perlu berbenah serta mencari cara agar pesawat bisa aman ketika terjatuh.

Namun di lain pihak, tidak sedikit pula warganet yang menghujat pria tersebut karena dinilai meremehkan. Padahal black box dianggap sebagai barang vital dalam penerbangan pesawat.

"Lu bikin pesawat kertas aja masih bodoh. Malah ngoloking perusahaan Boeing," ujar Obbyoktaviano.

"Mikir besi bisa terbang aja lu gak mampu kok maki-maki pembuat pesawat," balas Asyifaanggun.

"Gini nih kalau pas pembagian otak gak datang," ujar Luluilb_.

"Itu orang tahu gak sih seberapa penting black box?" sahut Flow_vy.

Black Box Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan

Petugas gabungan akhirnya menemukan Black Box (kotak hitam) Sriwijaya Air SJ182 bisa dibawa dari dasar laut Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Tim lalu membawa kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ182 ke Dermaga JICT II Tanjung Priok, usai ditemukan di Kepulauan Seribu sekitar pukul 16.30 WIB.

Black Box itu dimasukkan ke dalam boks dan berisi air berwarna kecokelatan, kemudian dibawa menggunakan Sea Rider oleh beberapa penyelam di antaranya Kopaska dan Dislambair.

Kotak Hitam itu dibawa oleh Dansatgasla Operasi SAR Sriwijaya Air Laksamana Pertama Yayan Sofyan dan Direktur Operasional Puskopaska Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi.

Kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan pada transportasi, merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Meskipun bernama kotak hitam, kotak tersebut berwarna oranye, guna memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Kotak hitam terdiri dari alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder) dan alat rekam data penerbangan (Flight Data Recorder).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait