facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kerap Disebut Radikal, Animasi Nussa Episode Kemerdekaan RI Banjir Dukungan

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo Rabu, 13 Januari 2021 | 08:37 WIB

Kerap Disebut Radikal, Animasi Nussa Episode Kemerdekaan RI Banjir Dukungan
Salah satu adegan serial animasi Nussa [YouTube]

Serial Animasi Nussa yang berhenti tayang dan kemunculannya lagi dalam bentuk film layar lebar menimbulkan pro kontra. Aliran dukungan pun banjir di media sosial.

BeritaHits.id - Penayangan film animasi 'Nussa' menimbulkan kontroversi. Tudingan bahwa animasi islami itu mengandung konten radikal dan intoleran pun merebak di media sosial. 

Lewat akun Twitternya, sutradara film animasi tersebut, Angga Dwimas Sasongko memberikan pembelaan. Melalui beberapa cuitan, ia menegaskan bahwa animasi ciptaan anak bangsa itu memuat nilai-nilai cinta tanah air. 

Pada Selasa (12/1/2021) Angga mengunggah sebuah potongan video animas 'Nussa' episode spesial hari Kemerdekaan RI. Ia menyebut animasi ini mengandung nilai cinta tanah air.

"Menutup hari ini dengan cuplikan eps Hari Kemerdekaan, Nussa dan Rara yang mencintai Indonesia. Merdeka, kata Rara, #NussaUntukSemua," tulis @anggasasongko.

Baca Juga: Kritik Film Nussa, Denny Siregar: Jangan Jadi Jembatan Propaganda Mereka!

Dalam cuplikan episode tersebut, tampak Nussa dan Rara serta beberapa karakter lain sedang memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI. Terlihat Rara sangat gembira mengenakan atribut bendera Merah Putih di pipinya sambil meneriakkan kata 'merdeka'.

Dalam video tersebut juga tertulis sebuah quote yang menunjukkan semangat cinta tanah air serta semangat membangun negeri.

"Mensyukuri kemerdekaan adalah dengan ketaatan pada Allah Sang Pemberi. Bersama-sama membangun negeri karena kemenangan itu tak dinikmati sendiri," bunyi sebuah quotes dalam cuplikan episode itu.

Cuplikan animasi Nussa dan Rara (twitter)
Cuplikan animasi Nussa dan Rara (twitter)

Angga juga sempat memperlihatkan rasa bangganya bisa bergabung dalam film tersebut. Ia mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pembuatan film animasi islami tersebut.

"Trailer pertama "Nussa The Movie". Bangga sekali jadi bagian dari pekerjaan besar ini. Film animasi yang dikerjakan selama 2 tahun oleh ratusan animator, storyteller, produser, engineer dll. Usaha kami membawa animasi Indonesia ke level berbeda. Indonesia bisa. #NussaUntukSemua," tulisnya dalam unggahan trailer film tersebut.

Baca Juga: Warung Makan Mbah Juri, Wujud Toleransi Umat Katolik dan Muslim

Dukungan pun mengalir dari para warganet. Salah satu yang paling vokal menyerukan dukungan untuk animasi 'Nussa' adalah @Syafiqr***. Ia bahkan meminta dukungan warganet lain untuk mendukung kanal Youtube animasi tersebut.

"Yok kita like dan subscribe kanal Nussa dan Rara ini. Semoga like dan subscribe kita ini bisa menghidupkan animasi Muslim yang benar-benar islami. Dengan begitu, setidaknya ada tontonan bermutu dan bermuatan Islam.

Ada juga warganet yang membahas soal Islamophobia yang ditunjukkan oleh pihak-pihak yang menentang eksistensi animasi ini. 

"Sebagai penonton setia Nussa Rarra di kanal youtube, emang serem banget sih para Islamophobic ini. Setelah tayang beberapa jam langsung muncul unlikes ribuan. Kayak buzzer diarahin gitu. Masa iya sih kartun anak anak unlikes nya ribuan," tulis akun @aggnuse****

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait