alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pernyataan Jokowi Disemprit Warganet, Tagar #KalselJugaIndonesia Trending

Rendy Adrikni Sadikin | Aprilo Ade Wismoyo Sabtu, 16 Januari 2021 | 09:20 WIB

Pernyataan Jokowi Disemprit Warganet, Tagar #KalselJugaIndonesia Trending
Warga menggendong anaknya melintasi banjir di Desa Kampung Melayu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021). [ANTARA FOTO/Bayu Pratama S]

Rakyat Kalimantan Selatan memprotes pernyataan Presiden Jokowi yang hanya menyoroti gempa bumi di Sulawesi Barat dan tanah longsir di Jawa Barat.

BeritaHits.id - Presiden Jokowi menyampaikan keprihatinan serta rencana tindak lanjut terhadap beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia. Sayangnya, pernyataan tersebut menuai protes dari warga Kalimantan Selatan yang merasa kurang diperhatikan. Tagar #KalselJugaIndonesia pun menggaung di Twitter.

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram resminya, Presiden Jokowi hanya menyebut dua daerah yang sedang terkena bencana, yaitu Sulawesi Barat dan Jawa Barat. Ia prihatin dengan gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat dan juga tanah longsor yang melanda kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Dua bencana alam dalam selang waktu beberapa hari ini terjadi di negara kita. Gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang kawasan Sulawesi Barat menjelang dinihari tadi, dan bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat pada 9 Januari lalu," tulisnya.

Presiden Jokowi juga menyebut telah melakukan beberapa koordinasi dengan lembaga dan kementerian terkait untuk menangani bencana alam tersebut.

Baca Juga: Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

"Mendengar adanya gempa di Sulbar, saya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui sambungan telepon, pagi tadi. Saya juga memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada yang luka-luka," lanjutnya.

"Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana," lanjutnya lagi.

Pernyataan Presiden Jokowi tentang bencana alam di Indonesia yang diprotes warganet (Instagram)
Pernyataan Presiden Jokowi tentang bencana alam di Indonesia yang diprotes warganet (Instagram)

Pernyataan tersebut mendapat tanggapan dari para warganet. Beberapa dari mereka mengajukan protes lantaran bencana banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan luput dari perhatian presiden.

"Kalimantan selatan pak, hampir merata. Tolong perhatiannya," tulis warganet dengan akun @tanahbumbu****

"Tolong pak di kalimantan selatan sedang banjir bandang hampir di seluruh kabupaten," tulis akun @almiram****

Baca Juga: Jokowi Ingin Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Rampung Sebelum Akhir Tahun

"KALIMANTAN SELATAN!!!" tulis warganet dengan akun @malikdae*****

Tak hanya di Instagram, protes soal luputnya banjir di Kalsel dari perhatian pemerintah juga menggaung di Twitter. Para warganet menyebut Kalimantan Selatan butuh perhatian yang sama dari pemerintah terkait bencana alam yang sedang terjadi.

"lebih dari 3 hari ini hampir seluruh kota dan kabupaten di Kalsel terendam air. Tapi mirisnya tidak ada berita di stasiun tv nasional yang menayangkan bencana ini. Bapak Presiden pun baru menanggapi bencana ini tadi malam. Ingat Kalsel juga bagian dari Indonesia. #KalselJugaIndonesia," tulis warganet dengan akun @amelp****

"Kalbar setiap tahun banjir parah tapi tidak disebut-sebut dalam pemberitaan media nasional. Jangan hanya tanahnya dimanfaatkan untuk investasi sawit, giliran banjir dibiarkan urus sendiri. Sedih. #KalselJugaIndonesia #KalbarJugaIndonesia," tulis akun @lala_ch****

"Maafkan jika kemarin kami merasa cemburu dengan wilayah lain di Indonesia. Tapi kami memang sekarang masih butuh perhatian. Banjir kali ini bukan sekedar banjir doang. Kami cemburu sehingga merasa sangat emosional, karna kami pengen orang-orang tahu bahwa #KalselJugaIndonesia," tulis akun @maukaya****

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait