alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Manado Diterjang Gelombang Tinggi, Perahu Nelayan 'Terparkir' di Pertokoan

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo Senin, 18 Januari 2021 | 13:46 WIB

Manado Diterjang Gelombang Tinggi, Perahu Nelayan 'Terparkir' di Pertokoan
Suasan kota Manado saat diterjang gelombang tinggi (instagram)

Air luapan dari laut juga masuk ke salah satu pusat perbelanjaan di Manado. Gelombang tinggi memporak-porandakan wilayah tepi pantai.

BeritaHits.id - Kota Manado, Sulawesi Utara diterjang gelombang tinggi hingga mengakibatkan beberapa titik di kota tersebut tergenang air.

Gelombang air laut yang naik ke daratan membuat kepanikan warga di beberapa wilayah pesisir pantai pada Minggu (17/1/2021), sore.

Akun Instagram @sulawesiterkini mengunggah beberapa foto dan video yang memperlihatkan kondisi kota Manado beberapa waktu setelah diterjang gelombang tinggi.

Dalam unggahan tersebut tampak beberapa sudut kota yang kotor penuh dengan sampah dan benda-benda yang hanyut tersapu gelombang. 

Baca Juga: BMKG Minta Warga Waspada Dampak Gelombang Tinggi di Manado

Air yang meluap dari laut juga masuk ke salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Manado yaitu Manado Town Square (Mantos).

Tak hanya itu, beberapa perahu nelayan pun tampak berada di halaman pertokoan diduga karena terbawa gelombang.

"Kondisi terkini pagi ini di sekitaran kawasan Megamas setelah kemarin diterjang ombak tinggi hingga air meluap ke jalan dan masuk ke kompleks pertokoan termasuk ke dalam Mantos Manado," tulis akun @sulawesiterkini.

Dalam salah satu video yang diunggah akun tersebut, tampak beberapa warga sedang membersihkan toko.

Suasana pertokoan di tepi pantai tersebut terlihat porak poranda dan banyak sampah berserakan. Beberapa perahu nelayan yang rusak juga terlihat di beberapa sudut.

Baca Juga: Gelombang Tinggi Manado, Warganet Ramai-ramai Serukan #PrayforManado

Suasan kota Manado saat diterjang gelombang tinggi (instagram)
Suasan kota Manado saat diterjang gelombang tinggi (instagram)

Para warganet yang melihat video tersebut tampak prihatin dan turut memanjatkan doa demi keselamatan warga kota Manado dan semua masyarakat Indonesia yang terdampak bencana.

"Pray for Indonesiaku," tulis akun @lonk88_screen*****

"Kemarin mamuju skrg manado, ya Allah," tulis akun @muchaem***

"GBU ALL Indonesiaku," tulis akun @johntrave*****

Beberapa warganet menyebut daerah yang diterjang gelombang tersebut adalah kawasan pertokoan yang dibangun di atas lahan reklamasi. Mereka menyebut wajar jika gelombang tinggi dari laut sampai di daerah itu.

"Tidak apa-apa ji min, area reklamasi memang semua itu dibuat mall, wajar sekali air pantainya datang 'pulkam'," tulis warganet dengan akun @id_yyuliadi.

"Ini kawasan reklamasi pantai, pada dasarnya laut yang dijadikan daratan, jadi ketika ombaknya tinggi otomatis air naik,"tulis warganet dengan akun @fadli_map****

Selain gelombang tinggi, beberapa wilayah di kota Manado juga terdampak banjir dan tanah longsor. Penanganan dan evakuasi dikerjakan bersama-sama oleh BPBD Sulut, Badan SAR, TNI, kepolisian, BPBD Manado, Rapi dan masyarakat sekitar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait