alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Airlangga Hartarto Tak Jujur Sempat Positif Covid-19, ProDem: Tidak Adil!

Reza Gunadha | Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 19 Januari 2021 | 20:34 WIB

Airlangga Hartarto Tak Jujur Sempat Positif Covid-19, ProDem: Tidak Adil!
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Tangkap layar/BNPB Indonesia)

"Sementara rakyat diminta jujur, bahkan HRS ditersangkakan polisi," ujar aktivis ProDEM.

BeritaHits.id - Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) Iwan Sumule mengomentari kabar soal Menko Airlangga Hartarto yang tidak jujur sempat positif covid-19.

Hal tersebut Iwan Sumule cuitkan melalui akun Twitter pribadinya @KetumProDEM, Selasa (19/1/2021).

Dia menyebut tindakan Airlangga Hartarto tersebut tidak jujur.

"Tak jujur! Airlangga Hartarto pernah positif covid-19 karena jadi pendonor plasma konvalesen, hanya bagi yang pernah terinfeksi covid-19," cuitnya, dikutip Suara.com.

Baca Juga: Walau Pandemi, Ekonomi Digital Diprediksi Moncer Tahun Ini

Lebih lanjut, Ketua Prodem juga menyinggung soal ketidakadilan. Bahkan dia menyinggung soal Habib Rizieq Shihab yang dijadikan tersangka lantaran tidak memberikan hasil tes covid-19.

"Tak adil pula! Sementara rakyat diminta jujur, bahkan HRS ditersangkakan polisi, karena tak mau beri tahu hasil tes covid-19," lanjutnya.

Cuitan Aktivis Prodem. (Twitter)
Cuitan Aktivis Prodem. (Twitter)

Dikabarkan bahwa Menko Perekonomian Airlangga pernah positif covid-19 pada November 2020.

Sikap tak terbuka ini menjadi tanda tanya publik soal kesadaran Airlangga sebagai pejabat negara, apalagi dia juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Atas kekisruhan ini Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karerina mengatakan bahwa Airlangga tersebut pernah terpapar virus Covid-19.

Baca Juga: 10 Pegawai PN Tanjungkarang Reaktif Covid-19, akankah Sidang Ditunda?

"Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif Covid-19 di tahun 2020 lalu. Dan saat itu, sudah diterapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal," kata Alia kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Donor Plasma Konvalesen

Sebelumnya publik dikejutkan dengan ikut sertanya Airlangga Hartarto dalam acara 'Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen' yang disiarkan secara live dari youtube Kemenko PMK, Senin (18/1/2021).

Dalam acara tersebut Menko Airlangga bersama dengan sejumlah pendonor lain terlihat sedang melakukan pendonoran plasma konvalesen.

Asal tahu saja syarat utama dari pendonoran plasma ini adalah bagi mereka yang sebelumnya sudah pernah terinfeksi Covid-19 atau disebut juga dengan penyintas Covid-19.

Tujuan Airlangga ikut serta dalam program donor plasma konvalesen ini untuk membantu proses penyembuhan pasien Covid-19.

"Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari Covid-19, maka Beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain," kata Alia.

"Selain itu, Beliau juga berharap semakin banyak penyintas Corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait