alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Indonesia Dilanda Banyak Bencana, Ustaz Abdul Somad Ingatkan soal Azab

Reza Gunadha | Hernawan Rabu, 27 Januari 2021 | 20:03 WIB

Indonesia Dilanda Banyak Bencana, Ustaz Abdul Somad Ingatkan soal Azab
Ustaz Abdul Somad (YouTube/@TaufiqTV).

"Akibat dari dosa-dosa kita bisa juga azab itu datang. Maka takutlah kamu kepada azab. Sebab azab tidak hanya menimpa yang zalim-zalim saja," kata Ustaz Abdul Somad.

BeritaHits.id - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyinggung soal bencana yang belakangan ini kerap melanda Indonesia, dari banjir, gempa, hingga tanah longsor. Dia mengurai segala macam penyebab bencana yang menurutnya bisa jadi disebabkan karena ulah manusia.

Pada momen ceramah berjudul "Benarkah Bencana, Musibah Datang di Indonesia karena Para Ulama di Zolimi", Ustaz Abdul Somad menyebut sejatinya bencana merupakan momen untuk instropeksi diri.

Manusia kata Ustaz Abdul Somad harus instropeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pasalnya, ada beberapa bencana yang menurut dia datang karena ulah manusia itu sendiri.

Berkaitan dengan itu, Ustaz Abdul Somad menyinggung penyebab bencana yang menurutnya terdiri atas dua macam yakni takdir dan sebab akibat.

Dalam hal sebab akibat, Ustaz Abdul Somad mencontohkan banjir yang bisa jadi datang karena ulah manusia. Sebut saja karena adanya penggundulan hutan sampai membuang sampah sembarangan.

Ustaz Abdul Somad soal banyaknya bencana di Indonesia (YouTube/AswajaTV).
Ustaz Abdul Somad soal banyaknya bencana di Indonesia (YouTube/AswajaTV).

"Akibat dari dosa-dosa kita bisa juga azab itu datang. Maka takutlah kamu kepada azab. Sebab azab tidak hanya menimpa yang zalim-zalim saja, bukan rumah yang menebang hutan, bukan pimpinan proyek ilegal logging, tapi juga rumah ustaz, imam, tahfidz quran, dan orang-orang yang beriman," ujar Ustaz Abdul Somad sebagaimana dikutip Hops.id -- Jaringan Suara.com dari saluran YouTube Aswaja TV, Rabu (27/1/2021).

"Bencana banjir, itu sebab akibat bukan? Itu sebab dari perbuatan kita, lalu muncul suatu masalah. Maka lahirlah banjir bandang. Karena dengan penuh kesadaran, ada penambangan liar, memberikan izin, dan penebangan hutan di mana-mana," imbuhnya.

Sementara itu, takdir kata Ustaz Abdul Somad merupakan kejadian tatkala banyak manusia sudah hidup lurus, tetapi tetap terjadi bencana.

Lebih lanjut, Ustaz Abdul Somad pun menyinggung kalangan ulama maupun orang alim yang sewaktu-waktu bisa menjadi korban bencana karena lingkungan buruk di sekitarnya.

Ustaz Abdul Somad menuturkan, bencana bisa menghampiri ketika mereka diam melihat segala macam kemungkaran di dunia.

"Mengapa terjadi musibah, karena umat meninggalkan amar maruf nahi mungkar. Itu ada hutan gundul, ulama bilang sudahlah tak apa, hutan kan masih jauh dari rumah kita. Itu ada yang gali ambil nikel, sudah enggak apa-apa yang penting mereka mau nyumbang," terang Ustaz Abdul Somad.

"Yang penting mau menolong kita, dia kan juga mau nyumbang masjid. Tidak ada amar maruf nahi mungkar di situ," sambungnya.

Ustaz Abdul Somad tidak luput menyoroti kasus korupsi dana bansos yang merugikan sejumlah pihak. Dia menyayangkan dan mengecam aksi itu.

"Mereka sama seperti binatang, bahkan lebih hina dari binatang," tandas Ustaz Abdul Somad.

Komentar

Berita Terkait