facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral 17 Kantong Limbah Medis Dibuang Sembarangan, Diduga Bekas Covid-19

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo Rabu, 03 Februari 2021 | 13:31 WIB

Viral 17 Kantong Limbah Medis Dibuang Sembarangan, Diduga Bekas Covid-19
Sebuah rumah sakit sengaja buang APD COVID-19 ke sawah Tenjo Bogor.

Limbah medis tersebut diduga berasal dari Kabupaten Tangerang, Banten.

BeritaHits.id - Penemuan 17 kantong limbah medis yang diduga bekas pakai dari tenaga medis yang menangani pasien covid-19 viral di media sosial.

Penemuan di sebuah lahan pinggir jalan di Kabupaten Bogor tersebut mengagetkan dan membuat resah.

Akun Instagram @infobogor mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan tumpukan kantong limbah medis.

Lokasi persis penemuan limbah medis itu ialah Jalan Raya Tenjo, Kampung Leuweng Gede, Desa Tenjo, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Viral! Bukan di Gedung DPR, Pemuda Ini Suarakan Aspirasinya di Lampu Merah

Jubir satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi tak membantah jika limbah medis itu berasal dari Kabupaten Tangerang.

Meskipun begitu, menurutnya terdaoat banayak kemungkinan terkait dari mana limbah itu berasal dan siapa yang membuangnya.

"Saya enggak tahu, soalnya bisa dari mana saja tuh. Bisa aja masker bisa masker biasa yang memang dibuang orang, biasa ke sampah tercecer di situ, bisa aja. (lalu) bisa aja dari kota Tangerang, atau bisa dari mana aja," ujar Hendra saat dihubungi SuaraJakarta.id, Rabu (3/2/2021).

Sebuah rumah sakit sengaja buang APD COVID-19 ke sawah Tenjo Bogor.
Sebuah rumah sakit sengaja buang APD COVID-19 ke sawah Tenjo Bogor.

Senada dengan Hendra, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Dedi Syarif juga menduga limbah tersebut berasal dari Kabupaten Tangerang. Dugaan itu menguat karena lokasi daerah tenjo yang berbatasn langsung dengan Kabupaten Tangerang.

"Kalau Tenjo kan perbatasan dengan Tangerang, itu bisa aja dari mana kan, terus dibuang di jalan. Tapi kita belum tahu juga dari mana limbah itu berasal," katanya kepada SuaraBogor.id, Selasa (2/2/2021) sore.

Baca Juga: Tensi Darah masih Tinggi, Sekda Bantul Gagal Terima Vaksin

Akun @infobogor menyebut, limbah medis tersebut kini telah ditangani. Dijelaskan pula bahwa sebagain kecil limbah disimpan sebagai barang bukti.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait