alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Pers Nasional 2021, Tantangan Bisnis Media di Masa Pandemi Covid-19

Dany Garjito | Dwi Atika Nurjanah Senin, 08 Februari 2021 | 18:31 WIB

Hari Pers Nasional 2021, Tantangan Bisnis Media di Masa Pandemi Covid-19
Konvensi Nasional Media Massa memperingati puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 (dok istimewa)

Hary Tanoesoedibjo dan Anthony Wonsono membahas bagaimana strategi bisnis media bisa bertahan dan membangun ekosistem pers yang berkelanjutan di masa pandemi.

BeritaHits.id - Dewan Pers Indonesia (DPI) menggelar Konvensi Nasional Media Massa untuk memperingati puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang membahas bagaimana bisnis media membangun ekosistem pers yang berkelanjutan di masa pandemi.

Acara yang bertajuk 'Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital', diselenggarakan secara virtual dan hybrid di Candu Bentar, Ancol Jakarta Utara.

Pada konvensi ini terdapat dua kali sesi diskusi yang berlangsung dengan tema berbeda. Sesi pertama bertajuk 'Membangun Ekosistem Pers Nasional Yang Berkelanjutan', disampaikan oleh pengusaha media, Hary Tanoesoedibjo.

Sedangkan sesi kedua bertema 'Media Siber di Tengah Pandemi dan Disrupsi Digital', disampaikan oleh Ketua Departemen Kemitraan dan Hubungan Internasional AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia), Anthony Wonsono.

Baca Juga: Studi: Dengan Kecepatan Vaksinasi Saat Ini, Pandemi Berakhir 7 Tahun Lagi

Di sesi pertama, Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe memaparkan bahwa di masa pandemi peminat media cetak kian menurun, sementara media berbasis online kian meningkat.

"Pembaca Cetak; Hanya 4,5 juta per hari (optimistik) dan akan turun terus. Pembaca Online; 6 juta per hari (pesimistik) akan naik terus," tulis keterangan materi yang disampaikan Hary Tanoe.

Menurut Hary Tanoe di masa sekarang seluruh media pers yang masih konvensional (cetak) harus segara bermigrasi ke media berbasis online, agar tetap hidup berkelanjutan mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu, pada sesi kedua Anthony Wonsono mewakili AMSI membeberkan hasil survei pada 340 media anggota AMSI di awal pandemi Covid-19 (April hingga Mei 2020). Hasil survei tersebut menyatakan, lebih dari 30 persen perusahaan-perusahaan media melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

"Sudah banyak yang melakukan PHK pada saat ini. Dari Mei 2020, banyak perusahaan yang melakukan PHK dan sudah lebih dari 50 persen adalah karyawan-karyawan perusahaan media terdampak. Awalnya, Kalimantan Timur, Papu, Jawa Timur, tapi akhirnya semua provinsi dan daerah harus melakukan PHK," terangnya.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan saat Pandemi

Melihat hal itu, Anthony Wonsono memberikan berbagai strategi dan solusi terhadap kondisi media siber di tengah pandemi covid-19 saat ini. Dia menyebut ada lima solusi yang bisa dilakukan oleh perusahaan media tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait