alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Petugas Porter Stasiun, Tanpa Gaji Hanya Bergantung Pada Upah Lepas

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo Selasa, 23 Februari 2021 | 07:43 WIB

Kisah Petugas Porter Stasiun, Tanpa Gaji Hanya Bergantung Pada Upah Lepas
Kisah para porter stasiun kereta api (tiktok.com/@muhammadezrap)

PT KAI turut memberikan klarifikasi terkait keberadaan para porter ini.

BeritaHits.id - Kisah para petugas porter di stasiun kereta api sedang menjadi sorotan publik baru-baru ini. Banyak yang belum tahu jika pekerjaan mereka tak memiliki gaji tetap dan hanya bergantung pada upah lepas yang didapat dari pengguna jasa angkut.

Sebuah video yang diunggah di akun Tiktok @muhammadezrap Sabtu (20/2/2021) mengajak warganet untuk mengenal lebih dekat sosok petugas porter. Dalam video itu dijelaskan bahwa penghasilan mereka bergantung pada banyaknya orang yang menggunakan jasa mereka.

"Memang keberadaannya kadang dilupakan oleh orang banyak, tetapi pada suatu waktu kita juga membutuhkannya," ucap akun @muhammadezrap.

"Mungkin banyak yang bertanya apakah porter kereta api mendapatkan gaji tetap? Jawabannya tidak, penghasilan yang mereka dapat adalah uang yang kalian berikan ketika mereka membawakan barang kalian," ucapnya.

Baca Juga: Aksi Bocah Bonceng Tiga Ngebut Pakai Sepeda Motor, Endingnya Ngilu

Kisah para porter stasiun kereta api (tiktok.com/@muhammadezrap)
Kisah para porter stasiun kereta api (tiktok.com/@muhammadezrap)

Video ini pun viral hingga ke berbagai situs media sosial. Akun Twitter milik KAI pun memberikan penjelasan terkait keberadaan para porter tersebut. Menurut KAI mereka memang tak mendapatkan gaji tetap atas pekerjaan itu.

"Halo @KAI121 apakah ini benar?" tulis akun @tama****.

"Selamat sore Pak Tama. Porter di stasiun berstatus pekerja lepas, sehingga tidak mendapatkan upah tiap bulan. Penghasilan porter bersumber dari komisi yang diberikan oleh pengguna jasanya. Trims," tulis admin akun @KAI121.

Menanggapi hal tersebut, para warganet lantas menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka bersimpati pada para petugas porter dan mendoakan mereka agar selalu diberikan rezeki.

"Semoga setelah info ini viral nggak ada orang yang memanfaatkan situasi atau menyalahgunakan kepercayaan orang-orang yang menggunakan jasa ini, semoga rezekinya lancar dan sehat selalu pak," tulis warganet dengan akun @riidaafa_ell****.

Baca Juga: Viral! Sosok Diduga Pesulap Pak Tarno sedang Jalan Kaki, Publik: Bangkrut?

"Haah serius nggak digaji? Ya ampun kasihan, semoga sehat selalu pak porter," tulis warganet dengan akun @nnaylu***.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait