alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Benarkah Alat Kelamin Peserta Vaksinasi Membesar Gegara Vaksin Sinovac?

Rifan Aditya Kamis, 25 Februari 2021 | 21:36 WIB

Benarkah Alat Kelamin Peserta Vaksinasi Membesar Gegara Vaksin Sinovac?
Gambar hanya sebagai ilustrasi vaksinasi - Suasana vaksinasi massal petugas pelayanan publik di Plaza Pemkot Tangerang, Kamis (25/2/2021) [Suara.com/Muhammad Jehan Nurhakim)

Benarkah vaksin Covid-19 membuat alat kelamin membesar?

BeritaHits.id - Kembali heboh kabar bahwa vaksin Sinovac yang disuntikkan kepada peserta vaksinasi covid-19 memberi efek samping memperbesar alat kelamin. Kali ini kabar tersebut muncul dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morotai, Maluku Utara, Julius Giskar Krons.

Berdasarkan pengakuan Julius, ada peserta yang mengaku mengalami kejadian aneh setelah disuntik vaksin. Peserta tersebut merasa alat kelaminnya membesar.

Pengakuan Julius ini dimuat dalam situs Indotimur.com dengan judul "Kadinkes Morotai Akui Ada Peserta Usai Divaksin Mengaku Alat Kelaminnya Bertambah Besar" pada 22 Februari 2021. Lalu benarkah vaksin Covid-19 membuat alat kelamin membesar?

Penjelasan

Baca Juga: Lansia di Bantul Bakal Masuk Vaksinasi Tahap Ketiga

Sebenarnya isu yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 membuat alat kelamin membesar telah beredar sejak awal tahun 2021. Narasi tersebut disebarkan oleh akun Facebook bernama Agus Papaa Jenggoot pada 7 Januari 2021.

Dalam unggahan akun Facebook itu, nampak foto potongan berita di sebuah koran dengan narasi sebagai berikut:

"Dalam sebuah jurnal terbitan Inggris misalnya, vaksin Sinovac disebutkan memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Lelaki yang sudah disuntik vaksin buatan China tersebut disebutkan alat vitalnya memanjang sampai 3 inchi".

Fakta vansin Sinovac bisa memperbesar penis (Turnbackhoax.id)
Konten yang mengklaim vansin Sinovac bisa memperbesar penis (Turnbackhoax.id)

Klaim narasi ini tidak terbukti kebenarannya. Jurnal yang disebutkan dalam klaim itu adalah hasil studi yang telah disunting sedemikian rupa. Sehingga muncul informasi palsu yang dibuat oleh orang tak bertanggungjawab.

Suara.com pun telah membuat Cek Fakta atas konten tersebut yang diterbitkan pada Jumat (8/1/2021) dengan judul "CEK FAKTA: Benarkah Suntik Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Penis?".

Baca Juga: DPR Apresiasi Kinerja BPOM Awasi Pengujian Vaksin Covid-19

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari BPOM, Lucia Rizka Andalusia, informasi dari postingan Facebook itu termasuk hoaks.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait