alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Mahasiswa dan Alumni UGM Demo Protes Pemalsuan Ijazah Jokowi?

Rifan Aditya | Hernawan Minggu, 21 Maret 2021 | 19:50 WIB

CEK FAKTA: Mahasiswa dan Alumni UGM Demo Protes Pemalsuan Ijazah Jokowi?
Cek fakta mahasiswa dan alumni UGM demo tentang ijazah Jokowi palsu (Turnbackhoax.id).

Mahasiswa dan Alumni UGM diklaim melakukan demo tentang ijazah Jokowi palsu. Berikut fakta sebenarnya.

BeritaHits.id - Beredar di media sosial, klaim yang menyebut mahasiswa dan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan aksi menentang pemalsuan ijazah Presiden Jokowi. Perlu diketahui, isu ijazah Jokowi palsu sudah sering mencuat.

Klaim tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Hendra Wijaya U-Ce dengan menyertakan tangkapan layar portal berita salah satu portal berita daring.

Unggahan yang dibagikan pada 11 Maret 2021 lalu dan berisi klaim mahasiswa serta alumni UGM protes pemalsuan ijazah Jokowi tersebut telah menuai 7 reaksi dan 2 komentar.

Berikut narasi yang ditulis oleh akun Facebook Hendra Wijaya U-Ce:

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Memohon ke Mentan Soal Beras, Said Didu Beri Respons Keras

"MENUNGGU SIKAP PRESIDEN UNTUK KLARIFIKASI MENGENAI DEMO MAHASISWA UGM DAN ALUMNI UGM TENTANG PEMALSUAN IJAZAH UGM AGAR TERANG BENDERANG. JOKOWI JANGAN DIAM. BUKTIKAN JIKA IJAZAHNYA ASLI. KALAU TIDAK BISA MEMBUKTIKAN BERARTI ADA PELANGGARAN HUKUM. DAN PEMBOHONGAN PUBLIK".

Sementara itu, narasi dalam foto berbunyi sebagai berikut:

"Jokowi jelas tidak pernah menempuh pendidikan di UGM! Demo mahasiswa UGM dan Alumni UGM desak dan usut tuntas Pemalsuan Jokowi alumni UGM Jokowi tidak pernah kuliah di UGM."

Cek fakta mahasiswa dan alumni UGM demo tentang ijazah Jokowi palsu (Turnbackhoax.id).
Cek fakta mahasiswa dan alumni UGM demo tentang ijazah Jokowi palsu (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Baca Juga: Curhat Istri Arsitek Berharap Dapat Rumah Bagus, Nasibnya Malah Begini

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, Minggu (21/3/2021), klaim yang menyebut ada aksi demo mahasiswa dan alumni UGM tentang pemalsuan ijazah Jokowi tersebut salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait