alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Ustaz Zacky Mirza Meninggal Dunia?

Reza Gunadha | Hernawan Rabu, 21 April 2021 | 14:39 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Ustaz Zacky Mirza Meninggal Dunia?
Cek fakta Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia (turnbackhoax.id).

Benarkah Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia? Simak fakta sebenarnya ini.

BeritaHits.id - Beredar di media sosial, sebuah kabar yang mengklaim penceramah Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia akibat jatuh sakit ketika memimpin acara dzikir Ramadhan.

Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebok Ais Umi Mizaz dalam bentuk tangkapan layar percakapan WhatsApp berisi video dan pesan yang menyebut Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia.

Menurut klaim tersebut, Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia pada 17 April 2021 setelah jatuh saat memimpin dzikir dalam ceramah Safari Ramadhan di Masjid Pekanbaru.

Berikut narasi yang dibagikan:

Baca Juga: Viral Anak Silver Menangis di Jalanan, Diduga Dipaksa Ayah Ngamen

"INNALILLAHI WIR Berita Duka Cita. Telah berpulang ke Rahmatullah Ustaz Zacky Mirza. Jatuh sakit ktk memimpin jikir dalam ceramah safari Ramadhan di Mesjid Pekanbaru Senin malam Ahad 17 April 2021 SMG almarhum tenang disisi Allah".

Lantas benarkah klaim tersebut?

Cek fakta Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia (turnbackhoax.id).
Cek fakta Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia (turnbackhoax.id).

PENJELASAN

Dari penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyebut Ustaz Zacky Mirza meninggal dunia tersebut salah.

Ustaz Zacky Mirza memang sempat dikabarkan pingsan saat mengisi dakwah di Pekanbaru, Riau pada 18 April 2021.

Baca Juga: Pernah Ateis, Noe Letto Percaya Islam Usai Tertampar Jawaban soal Setan

Mengutip Kompas, istri Ustaz Zacky Mirza, Shinta Tanjung mengonfirmasi bahwa kondisi kesehatan yang kurang baik menyebabkan penceramah itu pingsan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait