alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Munarman Gigit Sandal saat Ditangkap Densus 88?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani Rabu, 28 April 2021 | 13:53 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Munarman Gigit Sandal saat Ditangkap Densus 88?
Viral Foto Munarman Gigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88. (Turnbackhoax.id)

Terlihat, Munarman nampak menggigit sandal jepit saat digiring oleh Densus 88.

BeritaHits.id - Beredar foto yang menunjukkan jika Munarman menggigit sandal saat ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri atas dugaan terlibat jaringan terorisme.

Foto itu diunggah oleh akun Facebook Lufias Azmi (fb.com/lufias.azmi) pada Selasa, (27/4/2021). Terlihat, Munarman nampak menggigit sandal jepit saat sedang digiring oleh Densus 88.

Akun tersebut juga turut menambahkan narasi ke grup Guyon Khas Nusantara sebagai berikut:

"Makan tuh sendal, #Densus88 #Munarman"

Baca Juga: Akhirnya Publik Bisa Tidur Nyenyak, Begini Cara Pramugari Salat di Pesawat

"Cuma takon lurrr. Ancen disumpel sendal ta cangkeme iku.” Atau yang jika diterjemahkan: “Cuma bertanya, memang disempal sandal mulutnya itu

Lantas benarkah foto tersebut?

Viral Foto Munarman Gigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88. (Turnbackhoax.id)
Viral Foto Munarman Gigit Sandal Saat Ditangkap Densus 88. (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim adanya foto Munarman menggigit sandal saat ditangkap oleh Densus 88 adalah konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu adalah foto editan atau suntingan. Pada foto asli dan video asli saat penangkapan oleh Densus 88, Munarman tidak menggigit sandal.

Baca Juga: CEK FAKTA: Prabowo Sebut Rudal China Penyebab KRI Nanggala-402 Tenggelam?

Dalam video yang diunggah oleh kanal Youtube KOMPASTV pada 27 April 2021 yang berjudul “BREAKING NEWS – Detik-detik Penangkapan Eks Sekretaris Umum FPI Munarman di Rumahnya”, tidak terlihat sama sekali Munarman menggigit sandal.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait