alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Tol Pejagan Brebes Ditutup Total?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo Minggu, 02 Mei 2021 | 10:35 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Tol Pejagan Brebes Ditutup Total?
Cek fakta penutupan jalan tol Pejagan Brebes (turnbackhoax.id)

Beredar narasi yang menyebut bahwa tol Pejagan Brebes ditutup total, benarkah demikian? Simak penelusuran fakta sesungguhnya berikut ini.

BeritaHits.id - Sebuah narasi tentang penutupan tol Pejagan Brebes terkait larangan mudik beredar di media berbagi video, Youtube.

Narasi itu disampaikan oleh akun Youtube Nama Channel Den sablenx21 pada tanggal 30 April 2021. Videonya dilihat 356 kali, disukai 27 akun dan tak disukai 11 akun.

Dalam video tersebut diperlihatkan momen kendaraan diminta putar arah karena jalan tol ditutup total.

Berikut narasi yang beredar:

Baca Juga: Masih Boleh Mudik Via pelabuhan Merak, Catat Syaratnya

"Larangan Mudik Gerbang Tol Pejagan Brebes Di Tutup Total.#Shorts"

Lantas benarkah narasi tersebut?

Cek fakta penutupan jalan tol Pejagan Brebes (turnbackhoax.id)
Cek fakta penutupan jalan tol Pejagan Brebes (turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan peneluruan turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi yang menyebut bahwa Tol Pejagan Brebes ditutup total tidaklah benar.

Faktanya, selain menggunakan video yang sudah pernah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2020), sudah diklarifikasi oleh pihak pengelola bahwa rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan baru akan dilakukan pada 6 sampai 17 Mei 2021 nanti. 

Baca Juga: Beredar Pernyataan Sultan Kecam Jokowi Soal Mudik, Pemda DIY Pastikan Hoaks

Dari SuaraJakarta.id: "Terkait ini, pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan memberikan klarifikasinya bahwa video tersebut adalah hoax. Pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan menyebut bahwa berdasarkan kondisi update saat ini, arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan."

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait