facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Suramadu Ditutup, Para Pemudik Nekat Berenang di Laut?

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani Sabtu, 08 Mei 2021 | 11:16 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Suramadu Ditutup, Para Pemudik Nekat Berenang di Laut?
CEK FAKTA Suramadu Ditutup, Para Pemudik Nekat Berenang di Laut. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi pemudik berbondong-bondong berenang di laut karena jembatan Suramadu ditutup. Benarkah demikian?

BeritaHits.id - Beredar foto dengan narasi pemudik berbondong-bondong berenang di laut karena jembatan Suramadu ditutup demi bisa pulang kampung halaman.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Jujun Damacai. Ia mengunggah 2 buah foto yang menunjukkan banyak orang menyeberangi Laut Suramadu.

Dalam keterangannya, ia mengklaim orang-orang tersebut merupakan para pemudik yang menggunakan jalur laut karena jembatan Suramadu ditutup.

Berikut narasi yang dibagikan dalam akun tersebut:

Baca Juga: Beredar Video Pemudik Sepeda Motor 'One Way' di Pantura

"Dikarenakan jembatan dengan tujuan Surabaya madura (SURAMADU) di tutup. Terpaksa PEMUDIK menggunakan jalur laut.. Nabeng aman ekoh…

CEK FAKTA Suramadu Ditutup, Para Pemudik Nekat Berenang di Laut. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Suramadu Ditutup, Para Pemudik Nekat Berenang di Laut. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, foto itu bukanlah pemudik yang berenang karena Jembatan Suramadu ditutup. Melainkan foto prajurit Marinir berenang menyeberangi Selat Madura yang terjadi pada tahun 2016.

Foto itu rupanya mengambil dari artikel merdeka.com berjudul “2.016 Prajurit Marinir pecahkan rekor MURI seberangi Selat Madura” pada 28 April 2016. Sebanyak 2.016 Prajurit Marinir melakukan renang dengan menyeberangi Selat Madura.

Baca Juga: Viral Video Pos Penyekatan Mudik Jebol, Ribuan Pemudik Lolos

Start dimulai dari bawah jembatan Suramadu sisi Surabaya (Tambak Wedi) dan finish di Desa Labang Kecamatan Labang (kaki Suramadu Sisi Madura), Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis 28 April 2016.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait