alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Video TNI hingga Tentara Turki Bersatu di Palestina?

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani Selasa, 18 Mei 2021 | 12:13 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Video TNI hingga Tentara Turki Bersatu di Palestina?
Video Tentara Indonesia Hingga Turki Bersatu Perang di Palestina. (Turnbackhoax.id)

Beredar video yang menyebutkan tentara Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Afghanistan hingga Turki bersatu siap berangkat perang di Palestina.

BeritaHits.id - Beredar video dan narasi di media sosial yang menyebutkan tentara Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Afghanistan hingga Turki bersatu siap berangkat perang di Palestina.

Video yang menjadi viral ini dibagikan oleh akun Facebook Aiman Farhan (fb.com/aidan.karlos) pada 14 Mei 2021.

Dalam unggahannya, nampak kumpulan sejumlah video aktivitas militer di sejumlah negara. Mulai dari tentara yang berbaris, mobil-mobil militer berparade, hingga rudal yang akan meluncur.

Postingan itu juga membagikan narasi sebagai berikut:

Baca Juga: Hari Jadi Selisih Setahun Proklamasi Indonesia, Ini Sederet Gubernur Sumsel

"Bismillah. Hari ini petang ini.smua tentara Indonesia. Malaysia.burunai. afganistan. Turki bersatu. Doakan tentara2 kita… Kita mau lebaran. Tentara berangkat mau perang untuk membela agama Allah di #palestin …. Jangan lupa follow FB sy Aiman Ayong =tiktok Aiman farhan."

Video Tentara Indonesia Hingga Turki Bersatu Perang di Palestina. (Turnbackhoax.id)
Video Tentara Indonesia Hingga Turki Bersatu Perang di Palestina. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, video-video yang memperlihatkan pasukan tentara yang tengah berkumpul serta berbagai kendaraan tempur yang sedang berparade di jalanan yang diklaim sebagai video tentara Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Afghanistan, dan Turki yang bersatu untuk berperang di Palestina merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, tidak terkait dengan ketegangan antara Palestina dan Israel dalam beberapa hari terakhir. Video-video tersebut diambil di waktu dan lokasi yang berbeda-beda, dengan konteks yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Masyarakat Jawa Barat Selalu Bersama Rakyat Palestina

Dilansir dari Tempo, berikut hasil pemeriksaan fakta terhadap beberapa video tersebut:

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait