alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Topeng Barongan Gerak Sendiri Tanpa Dipakai, Bulu Kuduk Merinding

Reza Gunadha | Hernawan Selasa, 18 Mei 2021 | 20:14 WIB

Viral Topeng Barongan Gerak Sendiri Tanpa Dipakai, Bulu Kuduk Merinding
Viral barongan gerak tanpa dimainkan (TikTok).

"Topeng barongan tidak pakai baterai atau tali. Ini budaya Indonesia real asli harus dipertahankan," katanya.

BeritaHits.id - Sebuah video yang merekam keberadaan topeng barongan bisa bergerak sendiri meski tidak sedang dipakai belakangan menggegerkan jahat dunia maya.

Telah menembus tiga juta kali penayangan, video topeng barongan bergerak sendiri tersebut membuat bulu kuduk sejumlah warganet merinding.

Kejadian yang dianggap kental dengan nuansa kearifan budaya lokal tersebut dibagikan oleh pemilik akun TikTok @mayaikhsan0, Jumat (14/4/2021) lalu.

Dalam video, terlihat topeng barongan bewarna dominan hitam digantungkan pada sebuah dinding. Namun, barongan tersebut seolah bernyawa.

Baca Juga: Ribut Ade Londok Odading Balik Jadi Penjahit, Insiden Malih Jatuh Diungkit

Pasalnya, meski tak disentuh orang, barongan tersebut seperti sedang dimainkan. Barongan itu tampak jelas membuka dan menutup mulutnya bak sedang dipakai oleh seseorang.

Viral barongan gerak tanpa dimainkan (TikTok).
Viral barongan gerak tanpa dimainkan (TikTok).

Kontan saja, keberadaan barongan yang diiringi dengan bunyi gending atau musik khas jawa tersebut membuat bulu kuduk merinding.

Pengunggah mengatakan, barongan tersebut asli seperti itu, bukan memakai baterai maupun tali seperti yang dicurigai banyak orang.

"Tidak pakai baterai atau tali. Ini budaya Indonesia real asli harus dipertahankan," ujarnya.

Bukan tanpa alasan, sebagian dari mereka mengatakan bahwa hal mistis semacam itu memang ada di beberapa tempat, khususnya yang masih memperhatikan betul budaya leluhurnya.

Baca Juga: Terbitkan Surat, Bupati Karanganyar Ajak ASN Galang Dana untuk Palestina

Bahkan di kolom komentar, segelintir warganet mengatakan bahwa barongan di tempat mereka juga terkesan hidup sehingga diperlakukan secara khusus.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait