facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral: Arti Kata, Asal Usul, Contoh Penggunaan

Dany Garjito Jum'at, 15 Oktober 2021 | 13:43 WIB

Viral: Arti Kata, Asal Usul, Contoh Penggunaan
Viral: Arti Kata, Asal Usul, Contoh Penggunaan. Ilustrasi viral. [Shutterstock]

Ini arti viral.

BeritaHits.id - Viral artinya apa? Mungkin itu yang sedang terlintas di pikiran Anda. Berikut BeritaHits.id akan membahas apa itu viral.

Arti Viral

Kekinian kata viral adalah kata yang paling sering didengar. Viral adalah istilah yang juga sangat identik dengan media sosial. Lalu apa itu viral sebenarnya?

Jika diartikan, viral adalah situasi untuk mengungkapkan penyebaran suatu berita dan informasi, apakah benar? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata viral adalah berkenaan dengan virus atau  bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus.

Baca Juga: Ngakak, KTP Masuk Mesin Cuci, Warganet Prihatin Bentuknya Seperti Pisang Aroma

Berdasarkan definisi dari KBBI tersebut, jelas arti viral berhubungan dengan virus dan dunia kesehatan. Meski begitu, penggunaan kata viral saat ini kerap dipakai untuk mengungkapkan seuatu pemberitaan yang sedang dibicarakan banyak orang atau tersebar dan diketahui oleh orang banyak.

Lalu bagaimana bisa kata viral berubah makna dan dikaitkan dengan informasi atau berita yang sedang santer dibicarakan khususnya di media sosial? Simak penjelasannya berikut ini.

Asal Usul Kata Viral dan Perubahan Maknanya  

Viral aksi wanita berdaster taklukan tanjakan terjal. (Twitter/@shitlicious)
Ilustrasi viral. Viral aksi wanita berdaster taklukan tanjakan terjal. (Twitter/@shitlicious)

Sementara itu, mengalihbahasakan dari Wonderpolis, sebelumnya, kata viral adalah merujuk pada penyakit yang penyebarannya mudah. Misalnya, sebanyak jutaan orang tertular oleh COVID-19. 

Namun kini, seiring perkembangan waktu dan teknologi, terjadi perubahan makna kata viral. Kini, viral lebih sering digunakan dalam menjabarakan momentum atau peristiwa yang sedang menjadi perbincangan dan mencuri perhatian publik. Selain itu, video, foto, atau informasi yang disebarkan secara cepat juga bisa disebut viral.

Baca Juga: Viral Bocah Kepalanya Nyangkut di Pagar, Bukannya Bantuin Malah Ketawa

Penggunaan Kata Viral

Kata viral bisa berkonotasi negatif maupun positif tergantung dengan topik atau hal yang dibicarakan. Kara viral pertama kali digunakan pada tahun 2009 untuk mendeskripsikan sebuah "David after Dentist".

Selanjutnya, kata viral mulai digunakan oleh banyak kalangan dan orang untuk mendeskripsikan sesuatu yang luar biasa. Umumnya, video, foto, berisi pemberitaan, peristiwa atau hiburan apa pun dikatakan viral apabila ia mendapat banyak likes, viewers, atau dibagikan ribuan kali dan mendapat banyak komentar netizen.

Jadi tidak salah apabila definisi viral adalah situasi untuk mengungkapkan penyebaran suatu berita dan informasi yang berlangsung secara cepat. Sekarang kalian sudah paham arti kata viral, bukan?

(Kontributor: Lolita Valda Claudia)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait