alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Catatan Pengeluaran Bulanan Buatan IRT, Publik Tertampar Lihat Keahliannya

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Viral Catatan Pengeluaran Bulanan Buatan IRT, Publik Tertampar Lihat Keahliannya
Catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan (instagram)

Meskipun pemasukan dan pengeluaran nyaris sama, ibu rumah tangga tersebut tetap bersyukur dan tak melupakan sedekah.

BeritaHits.id - Viral di media sosial sebuah catatan pemasukan dan pengeluaran bulanan keluarga yang ditulis oleh seorang ibu rumah tangga.

Catatan pemasukan dan pengeluaran bulanan itu diunggah oleh akun Instagram @/feti_ira36 pada bulan September lalu dan kini viral usai diunggah ulang oleh sebuah akun Twitter.

Beberapa warganet yang melihat catatan tersebut mengaku tertampar. Mereka menyoroti ibu rumah tangga tersebut yang tetap bersyukur meskipun nominal pendapatan dan pengeluaran nyaris sama.

Rezeki datang dari mana saja

Baca Juga: Viral Aksi Pungli Anggota Satpol PP, Polsek Cengkareng Akan Panggil Pelaku

Dalam unggahannya, wanita tersebut mengaku tak membeli beras pada bulan itu karena mendapat kiriman beras dari kantor suami.

Ia menyebut rezeki datang dari mana saja, termasuk dari kantor suaminya yang mengirim beras 15 Kg.

"Corat Coret pengeluaran bulan ini gak beli beras, karena dapat kiriman beras 10 kg dan 5 kg dari kantor paksu. Alhamdulillah rejeki datang dari mana saja," tulis wanita tersebut, dikutip BeritaHiys.id, Kamis (28/10/2021).

"Sedikit belum tentu kurang & banyak belum tentu cukup.. yang pnting selalu bersyukur," lanjutnya.

Rincian pemasukan dan pengeluaran

Baca Juga: Pajero Lintasi Jalan Ekstrem Pulang Penuh Lumpur, Warganet: Ini Baru Sesuai Fungsi

Dalam catatan yang dibuat oleh wanita tersebut, diperlihatkan pendapatan suami dan pendapatan istri yang kemudian digabungkan. Pendapatan keduanya jika dijumlahkan adalah Rp. 2.300.000.

Ia juga merinci pengeluaran yang terdiri dari kewajiban dan juga kebutuhan. Dalam kolom kewajiban, terlihat ada beberapa pos pengeluaran, mulai dari biaya rumah, listrik, uang sekolah, hingga kuota internet.

Sedangkan di kolom kebutuhan ada pengeluaran untuk beras, gas, belanja bulanan, belanja mingguan, serta keperluan anak. Ada juga kebutuhan lain-lain yang terdiri dari imunisasi anak dan jajan anak.

Total semua pengeluaran ialah Rp. 2.220.000, dan pendapatan mereka ialah Rp. 2.300.000. Sisanya sejumlah Rp. 80.000 digunakan untuk hiburan keluarga, dana darurat, dan sedekah.

Catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan (instagram)
Catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan (instagram)

Warganet tertampar

Melihat catatan pengeluaran dan pendapatan tersebut, salah seorang warganet di Twitter mengaku tertampar. Ia kagum dengan keahlian wanita tersebut mengatur pemasukan sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan.

Ia juga kagum dengan sikap wanita tersebut yang selalu bersyukur dan rela berbagi dalam keadaan apapun.

"Tertampar. Sedikit belum tentu kurang Banyak belum tentu cukup. Postingan sederhana beliau menunjukkan kekuatan mampu bersyukur dan berbagi berapapun yang dimiliki, serta kemampuan mengelola budgeting keluarga merupakan skill penting," ujar warganet tersebut.

Begitu juga dengan warganet lain, mereka menyoroti catatan bulanan itu. Ada juga yang mengaku membuat catatan serupa agar bisa mengatur keuangan di bulan-bulan berikutnya.

"Sama kaya mbaknya dibikin perincian. Bedanya punya mbaknya lebih rapi ditulis tangan, kalau aku malah dichat wa misua," komentar sa;ah seorang warganet.

"Nggak jago mengelola budgeting, tapi suka bikin ginian juga, baru mulai dari 2018. Dicatet pengeluaran per harinya juga biar tau aja gitu, soalnya kadang yang printilan lebih bikin duit abis ye kan, semacem jajan cimol cilok seblak sotong dkk," ujar warganet lain.

"Semakin bersyukur semakin ditambah rezekinya bun," tulis salah satu warganet.

"Dapatnya padahal cuma 2,3 juta, padahal pengeluaran banyak macam... alhamdulillah, cukup ya kak barokah," sahut warganet lain.

"Mantap bun bisa cukup," komentar salah satu warganet.

"Semangat bun. Semoga rezekinya lancar ya bun. Aamiin aamiin aamiin," tulis warganet lain.

VIdeo viral yang mungkin terlewatkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait