alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Presiden Jokowi Resmi Copot Menag?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo Senin, 15 November 2021 | 07:16 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Presiden Jokowi Resmi Copot Menag?
Cek fakta Presiden Jokowi resmi copot Menag (turnbackhoax.id)

Beredar sebuah narasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi resmi mencopot Menag, benarkah demikian? Simak fakta berikut ini.

BeritaHits.id - Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut bahwa Presiden Jokowi telah secara resmi mencopot menteri agama (menag).

Narasi tersebut disampaikan oleh sebuah akun Facebook lewat sebuah video dengan narasi yang menyebut Presiden Joko Widodo telah resmi mencopot Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Quomas atau yang akrab disapa Gus Yaqut.

Hingga saat ini, video yang dibagikan kembali oleh akun Facebook Persaudaraan telah ditonton sebanyak 15 ribu kali di sumber aslinya di Youtube.

Narasi selengkapnya:

Baca Juga: Perlukah Jabatan Wakil Panglima TNI bagi Jenderal Andika Perkasa? Ini Kata Pengamat

"Tepat Hari Ini !! Jokowi Resmi Copot Menag"

Cek fakta Presiden Jokowi resmi copot Menag (turnbackhoax.id)
Cek fakta Presiden Jokowi resmi copot Menag (turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, ditemukan fakta bahwa klaim ini merupakan hoaks atau berita bohong.

Narasi yang dalam judul video yang menyebut bahwa Presiden Jokowi telah secara resmi mencopot Menteri Agama tidaklah benar.

Apabila video tersebut dilihat secara keseluruhan, tidak terdapat pernyataan atau informasi yang menyebut bahwa Menag Yaqut telah dicopot jabatannya oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Mau Hilangkan Mental Inlander, Willy Nasdem: Revolusi Mental Jangan Sekadar Seminar

Fakta lain yang ditemukan ialaha bahwa video ini merupakan kumpulan video-video dari Menag Yaqut dan beberapa tokoh lain yang telah mengalami proses penyuntingan.

Salah satunya ialah video tentang pernyataan Menag Yaqut yang menyebut bahwa Kementerian Agama adalah hadiah bangsa ke NU, sementara video yang lain berisi tentang kabar larangan haji dan juga dana haji.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video berjudul "Presiden Jokowi Resmi Copot Menag" adalah narasi yang tidak benar. Konten tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait