facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Viral Bocah Diculik dan Dijadikan Pengemis Sudah Ditemukan, Benarkah?

Rifan Aditya | Ruth Meliana Dwi Indriani Minggu, 21 November 2021 | 08:15 WIB

CEK FAKTA: Viral Bocah Diculik dan Dijadikan Pengemis Sudah Ditemukan, Benarkah?
CEK FAKTA Viral Bocah Diculik dan Dijadikan Pengemis Sudah Ditemukan. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi bocah kecil lelaki yang diculik dan dijadikan pengemis sudah berhasil ditemukan. Benarkah?

BeritaHits.id - Beredar narasi bocah kecil lelaki yang diculik dan dijadikan pengemis sudah berhasil ditemukan oleh kepolisian Sidoarjo.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Mayongs. Akun ini membagikan gambar seorang anak lelaki dan seorang perempuan yang berlokasi di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Postingan tersebut diunggah pada 15 November 2021 pukul 14.11 WIB. Akun ini menyebut bocah kecil itu merupakan korban penculikan yang dieksploitasi untuk dijadikan pengemis.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Omzet Pedagang Camilan Bikin Warganet Melongo dan 4 Berita Lifestyle Viral Lainnya

Mohon maaf kawanku kali ini aku posting berita anak kecil yang diculik dan dijadikan pengemis, dan sekarang berada di Polsek Sidoarjo, mohon berita ini di share ke group media sosial anda agar segera ditemukan keluarganya trimakasih

CEK FAKTA Viral Bocah Diculik dan Dijadikan Pengemis Sudah Ditemukan. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Viral Bocah Diculik dan Dijadikan Pengemis Sudah Ditemukan. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi bocah kecil lelaki yang diculik dan dijadikan pengemis sudah berhasil ditemukan oleh kepolisian Sidoarjo tidak benar.

Hal ini terlihat dari penelusuran dengan menggunakan aplikasi Yandex. Hasilnya, ditemukan gambar serupa pada salah satu artikel berjudul "CEK FAKTA: Hoaks, Kabar Anak Diculik dan Dijadikan Pengemis di Sidoarjo" yang diunggah Merdeka.com.

Baca Juga: Fakta Baru Soal Kasus Yana Supriatna, Sengaja Menghilang Untuk Bertemu Istri Muda

Dalam artikel tersebut, Kapolsek Buduran Sidoarjo Kompol Samirin menjelaskan bocah dalam foto itu adalah anak tersesat dan sempat diselamatkan oleh polisi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait