alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Jokowi Resmi Tunjuk Ahok Sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani Senin, 22 November 2021 | 13:32 WIB

CEK FAKTA: Jokowi Resmi Tunjuk Ahok Sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta, Benarkah?
CEK FAKTA Jokowi Resmi Tunjuk Ahok Sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi Presiden Jokowi resmi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan. Benarkah?

BeritaHits.id - Beredar narasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Narasi ini dibagikan oleh akun YouTube "RODA POLITIK". Akun ini membagikan sebuah video berjudul "Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI"

Dalam video itu, termuat hasil wawancara Presiden Jokowi saat membicarakan calon gubernur DKI Jakarta. Video itu juga menggiring narasi seolah Ahok dipilih untuk menggantikan Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan.

Video itu sendiri telah mendapatkan atensi publik, mencapai 10 ribu penonton dan beragam komentar.

Baca Juga: Behind The Scene Sirkuit Mandalika: Petugas Marshal Lakukan Gerakan Senam Jelang Balapan

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

BERITA TERBARU– Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI

CEK FAKTA Jokowi Resmi Tunjuk Ahok Sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Jokowi Resmi Tunjuk Ahok Sebagai PLT Gubernur DKI Jakarta. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- BeritaHits.id, narasi Presiden Jokowi resmi menunjuk Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan tidak benar.

Baca Juga: Viral Aparat Gadungan Terciduk, Punya Seragam TNI AL dan Polri Berpangkat Jendral

Pasalnya, sejauh ini tidak ada pemberitaan mengenai Presiden Jokowi yang resmi menunjuk Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta.

Video wawancara itu yang asli memang menyebutkan nama Ahok sebagai gubernur oleh Jokowi. Namun, pembahasan wawancara itu bukan mengenai Plt Gubernur DKI Jakarta, melainkan tentang calon kepala otoritas ibu kota negara baru.

Selain itu, wawancara itu sendiri juga sudah lama dilakukan. Jokowi melakukan wawancara itu di Istana Kepresidenan pada 2 Maret 2020 lalu.

“Untuk Badan Otoritas Ibu Kota Negara, ini memang kami akan segara tandatangani perpres di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Presiden Jokowi juga telah memberikan 4 nama yang akan menduduki jabatan kepala otoritas ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Berikut nama-nama yang dipilih Jokowi:

  1. Basuki Tjahaja Purnama
  2. Azwar Anas
  3. Bambang Brodjonegoro
  4. Tumiyana

Video wawancara itu sendiri juga tidak menyebut pernyataan apapun terkait Plt Gubernur DKI Jakarta.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi Presiden Jokowi resmi menunjuk Ahok sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait