facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nostalgia Foto Mudik Zaman Dulu, Naik Kereta Api Sampai Desak-Desakkan

Dany Garjito | Rezza Dwi Rachmanta Sabtu, 30 April 2022 | 13:10 WIB

Nostalgia Foto Mudik Zaman Dulu, Naik Kereta Api Sampai Desak-Desakkan
Foto sebagai ilustrasi mudik naik kereta api. Sejumlah penumpang yang mengikuti mudik gratis menggunakan kereta turun di Stasiun Tawang, Semarang. (27/04/2022). [Suara.com/Anin Kartika]

"Musim mudik tahun 1993, segala cara ditempuh yang penting bisa masuk bus hingga bisa sampai kampung sebelum bedug lebaran ditabuh."

BeritaHits.id - Mudik zaman dulu berbeda dengan mudik zaman sekarang. Dahulu naik kereta api saja sampai desak-desakkan.

Momen mudik saat zaman dulu terekam dalam foto yang diunggah oleh akun Facebook Perpustakaan Nasional. Dalam unggahannya, tampak suasana mudik pada 1993.

Potret lawas ini dimuat di surat kabar pada Maret 1993. Foto tersebut menjadi arsip Koleksi Surat Kabar Langka Salemba-Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

"Musim mudik tahun 1993, segala cara ditempuh yang penting bisa masuk bus hingga bisa sampai kampung sebelum bedug lebaran ditabuh," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional di statusnya.

Baca Juga: Soroti Pemudik Pakai Kaus Anies Presiden Indonesia, PDIP: Cerdas Memanfaatkan Situasi Tapi Tak Beretika

Kita bisa melihat seorang bocah cilik yang harus masuk melalui jendela karena kondisi yang berdesak-desakan. Bocah perempuan yang berumur sekitar dua hingga tiga tahun ini bahkan digendong untuk masuk ke dalam bus tanpa mengenakan baju.

Foto lawas mudik tahun 1993. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Foto lawas mudik tahun 1993. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Berdasarkan keterangan yang diberikan, bocah tersebut terpaksa dinaikkan lewat jendela karena pintu depan sudah penuh sesak. Sang bocah nampak dibantu untuk masuk melalui jendela oleh salah seorang kondektur bus. Orangtuanya terlebih dahulu masuk ke dalam bus untuk mencari tempat duduk.

Artikel pada surat kabar lawas itu menginformasikan bahwa arus mudik di Terminal Bus Antarkota Pulogadung, Jakarta Timur mengalami lonjakan signifikan.

Postingan foto lawas musim mudik tahun 1993 ini berhasil viral setelah dibagikan puluhan kali oleh netizen. Unggahan foto jadul tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Foto lawas mudik tahun 1993. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Foto lawas mudik tahun 1993. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Ada nikmat tersendiri meski berdesakan buat mudik," kata Pa**hnya Z**ra.

Baca Juga: Tidak Ingin Terjebak Macet Arus Mudik, Korlantas Polri Sarankan Manfaatkan Peta Digital

"Sekarang semua sudah lebih baik walaupun belum sempurna," komentar L**t M.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait