facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Miris, Gaji Guru Honorer Ini Dibayar Rp 4 Ribu per Jam, Videonya Viral

Dany Garjito | evi nur afiah Senin, 16 Mei 2022 | 15:38 WIB

Miris, Gaji Guru Honorer Ini Dibayar Rp 4 Ribu per Jam, Videonya Viral
Ilustrasi guru honorer. [Istimewa]

Untuk satu jam mengajar hanya dibayar 4 ribu rupiah.

BeritaHits.id - Kisah guru honorer satu ini viral di media sosial. Bagaimana tidak, ia hanya dibayar Rp.4 ribu rupiah untuk satu jam mengajar. Warganet merasa miris dengan jumlah gaji guru honorer yang sekecil itu.

Jika diakumulasikan dalam sebulan, gajinya tak sampai Rp.200 ribu, jauh sekali dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

lewat rekaman video pada akun Instagram @makasar_iinfo memberikan keterangan bahwa, dia hanya dibayar 4 ribu rupiah untuk satu jam mengajar.

Guru honorer diketahui bernama Hafidz Sunairi. Pada rekaman itu, dia memperlihatkan gaji bulanan sebesar 118 ribu rupiah. Gaji mengajarnya itu dia terima secara tunai di dalam sebuah amplop putih.

Guru honorer  ini satu jam mengajar hanya dibayar 4 ribu rupiah (Instagram/@makasar_iinfo).
Guru honorer ini satu jam mengajar hanya dibayar 4 ribu rupiah (Instagram/@makasar_iinfo).

Rincian dari gaji 118 ribu rupiah dihitung berdasarkan akumulasi jam mengajar dan honor tetap. Selama satu bulan, Hafidz mengajar sebanyak 8 kali.

Baca Juga: Viral Video Pria Kais Makanan dari Tempat Sampah, Netizen: Enggak Tega Banget

Untuk satu jam mengajar hanya dibayar 4 ribu rupiah. Jadi, gaji mengajarnya selama 8 pertemuan dikali 4 ribu totalnya 32 ribu rupiah.

Gaji mengajar tersebut ditambah dengan honor tetap sebesar 12 ribu rupiah dikali 8 pertemuan jadi 96 ribu rupiah.

Hingga berita ini tulis, video tersebut sudah mendapatkan 182 ribu tayangan di reels Instagram dan menarik berbagai tanggapan dari warganet yang menonton.

Seperti diketahui, gaji guru honorer di Indonesia masih menjadi polemik di dunia pendidikan. Misi para guru dalam mencerdaskan anak bangsa sangat tak sepadan dengan pengorbanan mereka. Kondisi ini tentu sangat miris.

"llmunya dinilai seharga Rp.4 ribu, apa semurah itu para pahlawan ini. Sedangkan mereka yang hidup enak yang jadi bagian dari pemerintahan dibayar lebih. Padahal para petinggi bisa seperti itu karena guru. Andai engga ada guru di dunia ini sudah pasti engga ada orang sukses selain guru yang memiliki ilmu," cuit neter.

Baca Juga: Netizen Geram Lihat Anak Remaja Ini Terus Dipukuli meski Sudah Minta Ampun: Jangan Mau Damai!

"Ya Allah engga tega. Coba yang sudah PNS sisihkan gaji kalian Rp.100 ribu perorang saja setiap bulan terus di bagikan ke para honorer. Hitung-hitung sedekah, kasian mereka belum lagi yang punya cicilan motor beli bensin bayar kos atau kontrakan. Semoga ilmu yang disebar bisa jadi pahala jariah kelak ya untuk para Honorer," ujar warganet.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait