facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Misterius, Air Sungai Ini Berubah Warna Jadi Merah Darah, Netizen Ikut Cari Tahu Penyebabnya

Reza Gunadha | Evi Nur Afiah Senin, 30 Mei 2022 | 13:23 WIB

Misterius, Air Sungai Ini Berubah Warna Jadi Merah Darah, Netizen Ikut Cari Tahu Penyebabnya
Air Sungai Citarum berubah warna jadi merah darah (Instagram/ @infobdgbaratcimahi).

Diketahui, air yang mengalir itu merupakan Sungai Citarum.

BeritaHits.id - Air sungai ini mendadak misterius setelah berubah warna menjadi merah darah. Penampakannya lebih mirip pembuluh darah daripada aliran air.

Kabar tersebut beredar di jagat media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram dengan nama @infobdgbaratcimahi. 

Lewat keterangan yang tertulis pada rekaman video, kejadian aneh itu memicu kehebohan warga Desa Tagog Apu, Padalarang, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, (30/05/22). Diketahui, air yang mengalir itu merupakan Sungai Citarum

Beberapa netizen di media sosial memperkirakan penyebab warna air sungai Citarum yang berubah jadi merah darah. Netizen menduga bahwa zat besi yang terdapat di tanah menjadi penyebab warna merah.

Baca Juga: Wali Kota Banjar Doa Bersama Warga Berharap Anak Ridwan Kamil, Eril Ditemukan Dalam Kondisi Selamat di Sungai Aare Swiss

Air Sungai Citarum tiba-tiba berubah warna jadi merah darah (Instagram/ @infobdgbaratcimahi).
Air Sungai Citarum tiba-tiba berubah warna jadi merah darah (Instagram/ @infobdgbaratcimahi).

Namun pengguna lainnya mengatakan, berubahnya warna itu lebih mungkin disebabkan karena limbah industri pabrik setempat.

"Itu karena pabrik tekstil yang buang limbahnya ke sungai jadi warnanya berubah merah min," kata neter pada unggahan tersebut seperti dilihat Beritahits.id.

"Petugas kepolisian tolong segera sidak pabrik setempat yang sudah buang limbah," ujar warganet.

"Kurang ajar banget yang buang limbah seenaknya. Apa mau ditutup pabriknya. Kalau ada kayak gini saja ormas setempat pada diam, giliran lahan parkir sampai berebutan," cuit publik.

"Engga peduli lingkungan sekali ya sampai warna airnya berubah begitu. Mohon ditindak lah bapak polisi," kata netizen.

Baca Juga: Update Pencarian Anak Ridwan Kamil, Eril: Belum Membuahkan Hasil yang Diharapkan

Dampak pencemaran air bagi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Karena setiap harinya, manusia sangat membutuhkan air untuk berbagai kegiatan, seperti minum, masak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait