facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Demi Kabulkan Mimpi Cium Ka'bah, Pria ini Bersepeda dari Indonesia Menuju Arab Saudi dengan Mengayuh Sepeda

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Selasa, 14 Juni 2022 | 17:58 WIB

Demi Kabulkan Mimpi Cium Ka'bah, Pria ini Bersepeda dari Indonesia Menuju Arab Saudi dengan Mengayuh Sepeda
Ilustrasi haji - haji tamattu adalah (Freepik)

Pada Kamis, (26/05/2022) lalu, Fauzan akhirnya sampai di Riyadh, Arab Saudi.

BeritaHits.id - Pria ini adalah satu dari barisan umat muslim yang sangat ingin pergi haji ke Baitullah. Namun karena terbentur biaya, dia pun mencoba mewujudkan mimpinya dengan hal yang cukup unik. 

Dilansir dari laman Muhammadiyah, pria tersebut bernama Muhammad Fauzan yang merupakan Kader Muhammadiyah asal Magelang, Jawa Tengah. Cara unik yang dia lakukan menuju kota impiannya yaitu dengan mengayuh sepeda

Pada Kamis, (26/05/2022) lalu, Fauzan akhirnya sampai di Riyadh, Arab Saudi.

Kedatangan pria berusia 28 tahun itu disambut langsung oleh Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab SaudI. 

Baca Juga: Bungkam Tommy Sugiarto, Anthony Ginting: Saya Sempat Terburu-buru

Fauzan, pria yang mengayuh sepedanya menuju Arab Saudi (Dok Muhammadiyah).
Fauzan, pria yang mengayuh sepedanya menuju Arab Saudi (Dok Muhammadiyah).

Pihak PCIM kemudian mendampingi Fauzan untuk melakukan sejumlah pertemuan dengan berbagai pihak, termasuk dengan Duta Besar RI Abdul Aziz Ahmad dan Wakil Kepala Perwakilan RI Arief Hidayat. 

Pada kesempatan itu, Fauzan menceritakan pengalamannya mengayuh sepeda berkilo-kilo kali lipat. Juga memberitahukan motivasinya bersepeda hingga ke Arab Saudi adalah keinginan kuatnya untuk beribadah Haji.

Kuatnya tekad mengunjungi Baitullah menjadi motivasi bagi Fauzan untuk terus mengayuh sepeda hingga akhirnya sampai di Arab.

Abdul Aziz Ahmad kemudian memberikan beberapa arahan di antaranya untuk menghubungi teknis haji KJRI (Konsulat Jenderal RI) di Jeddah yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan ibadah haji warga negara Indonesia dan akan memberikan surat pengantar ke sana.

Kepada Fauzan, dia juga berpesan untuk selalu menjaga kesehatan terlebih lagi cuaca di Arab Saudi saat ini adalah musim panas. Suhu di sana di atas 40 dan memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di negara tersebut.

Baca Juga: Kasus Covid di Indonesia Naik, Apakah Kebijakan Pelonggaran Perlu Direvisi?

Dengan kehadiran Fauzan yang bersepeda dari Indonesia menuju Arab Saudi ini, Abdul Aziz Ahmad berpesan kepada Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya untuk menghubungkan kepada asosiasi-asosiasi pesepeda yang ada di Arab Saudi. Hal ini sebagai salah satu jalan diplomasi Indonesia-Arab Saudi melalui kegiatan berolahraga.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait