facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ngeri, Beredar Video Angin Kencang Sapu Atap Rumah Warga

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Rabu, 06 Juli 2022 | 11:20 WIB

Ngeri, Beredar Video Angin Kencang Sapu Atap Rumah Warga
Angin kencang sapu atap rumah warga di Malang (Instagram/ @lagi.viral).

Sejumlah benda beterbangan, pohon-pohon pun ikut bergoyang kencang. Pusaran angin berada di satu titik lokasi.

BeritaHits.id - Beredar video yang memperlihatkan detik-detik angin kencang menghempaskan beberapa bagian atap rumah warga. Kejadian mengejutkan tersebut terekam kamera warga setempat.

Pada unggahan video yang dibagikan lewat akun Instagram dengan nama @lagi.viral, terdengar suara benda-benda jatuh karena tersapu angin yang cukup kencang itu.

Sejumlah benda beterbangan, pohon-pohon pun ikut bergoyang kencang. Pusaran angin berada di satu titik lokasi. 

Cuaca di sekitar lokasi terlihat menegangkan terlebih lagi kondisinya sedang mendung. Semua warga yang berada di luar rumah berteriak histeris karena ketakutan. Termasuk pengendara motor yang melintas pun langsung menepi.

Baca Juga: Bener Meriah Diterjang Angin Kencang, 7 Rumah di Permata Rusak

Angin kencang sapu atap rumah warga di Malang (Instagram/ @lagi.viral).
Angin kencang sapu atap rumah warga di Malang (Instagram/ @lagi.viral).

"Allahu Akbar, Allahu Akbar," bunyi suara pria yang terdengar di balik rekaman video viral dikutip Beritahits.id pada Rabu, (6/7/2022).

Berdasarkan informasi yang didapat, dikabarkan angin kencang tersebut menerjang Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang pada Selasa, (5/7/2022) siang.

Warganet di sosial media berharap semua warga selamat atas peristiwa angin kencang yang hempaskan atap rumah warga Malang tersebut.

"Semoga nggak ada korban jiwa. Kalau ada angin kencang darurat gini amannya sembunyi di mana ya? Dalam rumah takut ditimpa roboh, dalam mobil aman nggak ya? atau diam saja di luar rumah tempat terbuka gtu?," kata neter.

"Semoga semua warga baik-baik saja. Kenapa engga di adzani?," cuit publik.

Baca Juga: Intip Kecantikan Paras Mama Muda Asli Suku Baduy yang Dianggap Mirip Nafa Urbach

"Kalau ada angin kencang gitu kita sebagai orang awam harus bagaimana min. Selain keluar dari rumah agar tidak terkena material yang berhamburan," ungkap warganet.

Doa Ketika Angin Kencang, Baca Agar Terhindar dari Bencana

Agama Islam mengajarkan doa sehari-hari dalam setiap aspek kehidupan manusia, bahkan ketika ada angin kencang. Bagaimana bacaan latin doa ketika angin kencang? Simak penjelasannya berikut ini.

Membaca doa memberi ketenangan hati bagi setiap muslim, termasuk dalam menghadapi kondisi alam. Angin kencang kerap terjadi di musim penghujan. Angin juga menjadi sumber bencana alam maupun berdampak pada fasilitas umum yang rusak, seperti listrik yang padam dan rumah tertimpa pohon.

Menghadapi angin kencang, setiap muslim dapat mengamalkan doa. Doa ketika angin kencang bertujuan agar kita selamat dari bahaya dan tetap mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Doa ketika angin kencang juga bisa dibaca bersamaan ketika hujan turun. Berikut lafal doa ketika angin kencang.

 Allahumma innii as'aluka khairahaa wa a'uudzubika min syarriha

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, serta aku berlindung kepadaMu dari keburukannya.

Doa ini sesuai dengan hadist sahih yakni Hadis Riwayat Abu Dawud nomor 5079 dan Ibnu Majah nomor 3727.

Para ulama menyebutkan bahwa angin juga termasuk dalam rahmat Allah. Namun angin juga kadang berujung kepada azab. Maka dari itu berdoa bisa juga menumbuhkan prasangka baik atas angin yang diturunkan Tuhan di muka bumi.

Rasulullah SAW pernah bersabda maka apabila kalian melihat angin kencang, janganlah kalian memakinya, tetapi minta lah kepada Allah kebaikannya dan berlindung lah kepada Allah dari kejahatannya.

Doa ketika angin kencang juga memiliki beberapa lafal. Selain doa di atas, ketika terjadi angin kencang juga bisa melafalkan doa di bawah ini.

Allahumma inni as'aluka khairahaa wa khaira maa fiiha wa khaira maa ursilat bihi wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiiha wa syarri maa ursilat bihi

Artinya: Ya Allah, sungguh aku mohon kepadaMu kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada padanya, dan kebaikan pada tujuan angin ini dihembuskan. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan angin ini, keburukan apa yang ada padanya, dan keburukan tujuan angin ini dihembuskan.

Doa ini sesuai dengan hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim nomor 899, at Tirmidzi nomor 3449 dari Aisyah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait