facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Cara Kerja Komplotan Penjahat yang Beraksi di ATM, Modus Pura-pura Bantu Korban

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Rabu, 27 Juli 2022 | 10:41 WIB

Begini Cara Kerja Komplotan Penjahat yang Beraksi di ATM, Modus Pura-pura Bantu Korban
Ilustrasi ATM. (Unsplash/buian_photos)

Kedua pelaku saling berbagi peran.

BeritaHits.id - Tindak pidana kriminalitas kerap terjadi di mana-mana, tidak terkecuali di ATM (Anjungan Tarik Mandiri). Segara cara dilakukan para komplotan pelaku kejahatan demi mendapat keuntungan semata.

Baru-baru ini sebuah akun Instagram dengan nama @kodil0127 membagikan cara kerja para pelaku yang beraksi di ATM. Modus kejahatan mereka dengan pura-pura membantu korban.

Pada rekaman video memperlihatkan dua pria datang ke sebuah ATM yang tak lain adalah pelaku. Kedua pelaku saling berbagi peran.

Awalnya, pelaku pertama akan berpura pura melakukan transaksi di ATM, padahal dia sedang mengganjal sesuatu untuk melakukan settingan. Hal ini bertujuan agar korban tidak bisa memasukan ATM. 

Baca Juga: Kelakuan Barbar Pemotor ketika Parkir di Mall: Datang Tak Bawa Helm, Pulang Menggondol Satu

Terduga pelaku saat berpura-pura menolong korban di mesin ATM (Instagram/ @kodil0127).
Terduga pelaku saat berpura-pura menolong korban di mesin ATM (Instagram/ @kodil0127).

Kemudian pelaku kedua datang yang bertugas memastikan bahwa apa yang dilakukan pelaku pertama sesuai dengan rencana mereka.

"Pelaku kedua juga melakukan beberapa settingan pada mesin tersebut, tujuannya supaya calon korban tidak bisa memasukan kartu," ucap suara pria di balik rekaman video dikutip Beritahits.id pada Selasa, (26/7/2022).

Beberapa saat kemudian, datang korban yang hendak mengambil uang yang merupakan seorang emak-emak. Pelaku selanjutnya menunggu di belakang korban mengantri. 

Ketika korban tidak dapat memasukan kartu ATM nya ke dalam mesin, di sinilah pelaku mulai berakting dengan berpura-pura membantu ibu yang sedang kesusahan. Ibu diminta memasukan ATM nya lagi oleh pelaku tersebut padahal dia sedang mencoba mengingat pin ATM milik korban.

Usai mendapatkan pin korban, pelaku mundur ke belakang dan berpura-pura mencoba meminta tolong pria lain yang juga ikut mengantri yang tak lain juga komplotannya. 

Baca Juga: Geger, Pencurian 15 Kambing di Desa Cikidang Banyumas, 5 Ekor Kambing Disembelih di Lokasi

"Selanjutnya pelaku pertama kembali datang maju dengan membawa ATM yang sudah dipersiapkan persis milik korban. Setelah itu pelaku menukar ATM dengan kecepatan gerakan tangan," tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait