facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah 2 Orang Ini Hidup Kembali Setelah 100 Tahun Meninggal?

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Kamis, 28 Juli 2022 | 19:50 WIB

CEK FAKTA: Benarkah 2 Orang Ini Hidup Kembali Setelah 100 Tahun Meninggal?
Ilustrasi mayat perempuan (shutterstock)

Tautan tersebut juga memperlihatkan foto dua orang yang terdiri dari satu pria dan satu wanita.

BeritaHits.id - Masyarakat dihebohkan dengan postingan Facebook yang memuat tautan berisi dua orang yang diklaim hidup kembali setelah meninggal dunia selama 100 tahun, benarkah?

Kabar tersebut diunggah lewat akun Facebook Ani Alestari dengan narasi ' Subhanallah, Dua Orang Ini Sudah 100 Tahun Meninggal, Tetapi Mereka Bisa Hidup Kembali'. 

Tautan tersebut juga memperlihatkan foto dua orang yang terdiri dari satu pria dan satu wanita. 

Berdasarkan penelusuran Beritahits.id pada Kamis, (28/7/2022) bahwa, dua orang hidup kembali setelah meninggal selama 100 tahun itu adalah hoax atau berita bohong.

Baca Juga: 8 Etika tak Tertulis dalam Hidup yang Perlu Kamu Ketahui

Postingan yang mengklaim dua orang hidup kembali setelah meninggal 100 tahun (Sumber: Turnbackhoax.id).
Postingan yang mengklaim dua orang hidup kembali setelah meninggal 100 tahun (Sumber: Turnbackhoax.id).

Faktanya, dua orang yang ada di foto tersebut bukan hidup kembali. Melainkan foto itu menunjukkan Ma’nene, ritual tradisional membersihkan mayat yang diawetkan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, adanya klaim dua orang yang sudah 100 tahun meninggal tetapi mereka bisa hidup kembali merupakan klaim yang menyesatkan atau salah.

Pencarian gambar terbalik di Google menemukan bahwa foto itu pernah dimuat di artikel yang diterbitkan di sebuah situs blog wisata pada tanggal 26 Agustus 2014. Artikel blog itu berjudul ‘Wisata Horor di Toraja'.

Artikel blog wisata itu menjelaskan tentang ritual Ma’nene di Tana Toraja, yaitu upacara tradisional di mana masyarakat Toraja membersihkan jenazah keluarga mereka yang telah diawetkan. 

Baca Juga: 6 Tips untuk Meningkatkan Kualitas Hidup demi Mencapai Kesuksesan

Dalam ritual Ma’nene, yang biasanya dilakukan sebelum atau sesudah panen di bulan Agustus, masyarakat Toraja mengeluarkan jenazah keluarga yang diawetkan dari kuburan, membersihkan dan mendandani mereka dengan pakaian favorit untuk menghormati roh mereka.

Kesimpulan

Postingan yang memuat tautan berisi foto yang diklaim sebagai dua orang yang hidup kembali setelah meninggal selama 100 tahun adalah salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait