facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Fakta PayPal Aplikasi Pembayaran Online yang Viral di Twitter

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Minggu, 31 Juli 2022 | 15:24 WIB

4 Fakta PayPal Aplikasi Pembayaran Online yang Viral di Twitter
PayPal (Shutterstock)

Berikut fakta-fakta PayPal.

BeritaHits.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menangguhkan pemblokiran aplikasi PayPal sementara waktu, setelah mendapat kritik dari masyarakat.

PayPal diblokir karena belum mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Kabar pemblokiran tersebut ramai diperbincangkan publik sampai trending di Twitter. 

Lalu sebenar apa itu PayPal, berikut fakta menarik PayPal yang disadur dari beberapa sumber.

1. Transaksi online

Baca Juga: Dirugikan karena PayPal Diblokir, Deddy Corbuzier Tantang Kominfo Datang ke Podcastnya

PayPal adalah rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. 

PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

PayPal juga banyak dipilih para pebisnis online untuk melakukan transaksi.

2. Menjaga kerahasiaan data

PayPal berfungsi sebagai perantara antara pembayar dan penerima pembayaran. Jadi, tidak perlu ada pertukaran informasi kartu ataupun rekening bank. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan berbagai kegiatan transaksi online.

Baca Juga: Steam Langsung Hubungi Kominfo Usai Pemblokiran, Bahas Apa Saja?

3. Butuh sejumlah syarat untuk membuat akun PayPal 

Cara menggunakan rekening Paypal di Indonesia umumnya tak berbeda dengan di negara-negara lain. 

Agar bisa menggunakan Paypal, pertama install akun paypal atas nama pribadi. Anda juga harus memiliki sejumlah dana di dalamnya untuk keperluan transaksi.

Di Indonesia sendiri, Paypal sedikit sulit untuk dimiliki, sebab nasabah harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu sebelum dapat mengakses Paypal. Pasalnya akun Paypal harus terverifikasi menggunakan kartu kredit sebelum digunakan.

Sementara, kepemilikan kartu kredit di Indonesia juga terbilang sulit. 

Ada kebijakan bank yang harus dipenuhi sebelum nasabah meneken kebijakan pembukaan kartu kredit.  

Penggunaan kartu kredit dalam akun Paypal memiliki peran yang krusial. Pasalnya untuk semua bank lokal di Indonesia tidak ada yang memberikan layanan penyetoran atau penambahan dana ke dalam akun Paypal. Sehingga, dana harus diambil dari kartu kredit yang dimiliki.

4. Sekilas PayPal

Sebelum PayPal didirikan pada tahun 2000, masyarakat masih menggunakan metode pengiriman uang konvensional seperti wesel dan pos. 

Tentu, metode pengiriman tersebut dinilai tidak praktis lantaran mereka harus datang ke kantor pos atau agensi wesel dan menunggu waktu yang lama agar uang sampai ke pengirim.

Visi Paypal pada awal berdiri untuk menjadi layanan pembayaran digital yang dapat memudahkan para konsumen dan juga pelaku bisnis. 

Aplikasi Paypal ketika itu bernama Confinity didirikan pada 1998, pendirinya adalah seorang pengusaha teknologi Peter Thiel dan Max Levchin.

Pada tahun 2000, sebuah perusahaan perbankan online yang dimiliki oleh orang terkaya di dunia, Elon Musk bernama X.Com bergandengan dengan PayPal. Elon memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap PayPal dan berminat untuk mengambil alihnya.

Dua pekan kemudian, Peter Thiel sebagai CEO X.Com menggantikan Elon Musk dan go public di tahun 2002.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait