facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Benarkah Hidrogen Peroksida Dapat Sembuhkan Kanker Jika Digosokkan ke Kulit?

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Rabu, 03 Agustus 2022 | 13:16 WIB

CEK FAKTA: Benarkah Hidrogen Peroksida Dapat Sembuhkan Kanker Jika Digosokkan ke Kulit?
Unggahan Facebook soal hidrogen peroksida yang diklaim dapat mengobati kanker (Facebook/ @Mohd J Hasby).

Berdasarkan penelusuran Beritahits.id, hidrogen peroksida ke kulit dapat membunuh sel kanker adalah tidak benar.

BeritaHits.id - Beredar postingan video yang mengklaim bahwa menggosokkan hidrogen peroksida ke kulit dapat membunuh sel kanker. Kabar tersebut diunggah lewat jejaring Facebook.

Akun Facebook dengan nama pengguna Mohd J Hasby menuliskan narasi sebagai berikut:

"Hidrogen peroksida dapat mengobati kanker. Cukup dengan menggosokkan 1 atau 2 kali sehari pada permukaan kulit. Dulu ingat ini hanya untuk membunuh belatung saat mencuci luka kaki diabetes. Ternyata ada banyak ilmu bermanfaat yang disembunyikan," cuit narasi pada unggahan dikutip Beritahits.id pada Rabu, (3/8/2022).

Berdasarkan penelusuran Beritahits.id, hidrogen peroksida ke kulit dapat membunuh sel kanker adalah tidak benar.

Baca Juga: INFOGRAFIS: CEK FAKTA: PBB Pilih Jokowi Jadi Pemimpin Satgas Penanganan Krisis Global, Benarkah?

Penjelasan

Dilansir dari Fullface.org, Kepala Perawat Bidang Informasi di Cancer Research UK, Martin Ledwick mengatakan, hidrogen peroksida tidak bermanfaat untuk mengobati kanker. 

Justru menggosokkan hidrogen peroksida pada kulit justru berisiko menyebabkan kulit melepuh.

“Hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai desinfektan dan dalam larutan yang sangat lemah untuk beberapa penyakit ringan. Tapi itu tidak ada gunanya dalam mengobati kanker,” kata dia.

Selain itu, menggosokkan larutan pada kulit juga dapat menyebabkan rasa terbakar dan melepuh. Itu pasti harus dijauhkan dari mata dan tidak tertelan.

Baca Juga: Perhatikan! 5 Cara Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Sebagai informasi, hidrogen peroksida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari memutihkan gigi hingga membersihkan luka kecil dan goresan. 

Larutan hidrogen peroksida efektif membunuh kuman dan virus. Hidrogen peroksida tidak dapat diserap ke dalam tubuh atau aliran darah untuk membunuh sel kanker saat dioleskan pada kulit.

Konsentrasi hidrogen peroksida yang lebih tinggi yang digosokan pada permukaan kulit dapat menyebabkan kerusakan kulit.

"Tetapi tidak mungkin diserap ke dalam aliran darah dengan cara yang berarti,” kata Dr Kathleen Suozzi, ahli bedah kulit di Universitas Yale, Amerika Serikat.

Kesimpulan

Menurut Dr Kathleen Suozzi, ahli bedah kulit di Universitas Yale, Amerika Serikat, tidak ada uji klinis yang menunjukkan efektivitas hidrogen peroksida dalam mengobati kanker kulit.

Sehingga menggosokkan hidrogen peroksida ke kulit dapat membunuh sel kanker adalah hoax.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait