facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hoax, Minyak Goreng Dibuang ke Laut, Ini Faktanya

Dany Garjito | Evi Nur Afiah Sabtu, 06 Agustus 2022 | 12:36 WIB

Hoax, Minyak Goreng Dibuang ke Laut, Ini Faktanya
Video tangkapan layar minyak goreng jatuh berserak di lautan. [Instagram]

Faktanya, video tersebut merupakan video evakuasi kemasan minyak goreng yang mengapung di laut oleh beberapa awak kapal.

BeritaHits.id - Rekaman video viral proses evakuasi minyak goreng kemasan yang tumpah di tengah laut beberapa waktu lalu, menemukan fakta baru. 

Semula, kabar yang bikin heboh warganet di sosial media itu pertama kali dibagikan akun Facebook dengan nama pengguna 'Zhee Bee' (https://www.facebook.com/profile.php?id=100083257688430).

Akun mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa kemasan minyak goreng mengapung di laut. Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa minyak goreng tersebut sengaja dibuang ke laut.

Unggahan Facebook soal minyak goreng yang diduga dibuang ke laut (Instagram/ @Facebook:  Zhee Bee).
Unggahan Facebook soal minyak goreng yang diduga dibuang ke laut (Instagram/ @Facebook: Zhee Bee).

“Kemarin beras bansos di kubur,,eh sekarang minyak goreng dibuang  INGATANKU MASIH SEGAR SEWAKTU PERISTIWA SABOTASE PKI TAHUN 1965, BERAS DLL DI BUANG KE LAUT , RAKYAT MAKAN BULGUR (MAKANAN KUDA) MASAKNYA PAKAI GULA JAWA, WASPADALAH!!!"

Baca Juga: Viral, Wanita Ini Temukan Kumpulan Hewan Mirip Belatung di Bakso

Penjelasan

Dalam video yang beredar, terlihat seorang pria yang sedang berusaha mengevakuasi minyak goreng yang tercecer dan mengapung di atas air laut.

Pria tersebut mengenakan sebuah pelampung kapal saat sedang mengevakuasi minyak goreng.

Berdasarkan penelusuran Beritahits.id pada Sabtu, (6/8/2022), kemasan minyak goreng kemasan tersebut ternyata bukan dibuang ke laut. Konten video yang beredar itu menyesatkan atau hoax.

Faktanya, video tersebut merupakan video evakuasi kemasan minyak goreng yang mengapung di laut oleh beberapa awak kapal. 

Baca Juga: Video Viral Bikin Sedih! Buruh Bangunan Makan Cuma Nasi Putih Dicocol Sisa Makanan Ringan

Lebih lanjut, dalam video tersebut, pihak yang merekam video menyatakan bahwa krunya tengah melakukan evakuasi kemasan minyak goreng dari tengah laut.

Kesimpulan

Video yang menunjukkan beberapa kemasan minyak goreng yang disebut dibuang di laut adalah hoax.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait