alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wonogiri Dilanda Puting Beliung, Warga Malah Kagum: Bagus Ya

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo Rabu, 20 Januari 2021 | 18:20 WIB

Wonogiri Dilanda Puting Beliung, Warga Malah Kagum: Bagus Ya
Angin puting beliung di kawasan Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri (Instagram)

Puting beliung yang terjadi di waduk Gajah Mungkur tersebut jadi tontonan warga. Disebutkan para nelayan telah berada di darat saat puting beliung terjadi.

BeritaHits.id - Angin puting beliung melanda kawasan Waduk Gajah Mungkur yang terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Rabu (20/1/2021).  Video yang memperlihatkan detik-detik terjadinya peristiwa tersebut pun viral di Instagram.

Salah satu akun yang mengunggah video tersebut adalah @explore_wonogiri. Dalam video yang diunggah tampak angin puting beliung sedang berputar-putar di tengah-tengah waduk Gajah Mungkur. Peristiwa itu dilaporkan terjadi pada Rabu sore pukul 15.45 WIB.

"Peristiwa alam angin puting beliung di kawasan waduk gajah mungkur wonogiri, hari ini jam 15.45," tulis akun tersebut.

"Sampai berita kami share belum ada laporan terkait kerugian materi ataupun yang lainnya, semoga aman mawon nggih lur," lanjutnya.

Baca Juga: Mabuk Berat, Gadis SMP Diperkosa Anak SMA di Rumah Kosong

Admin akun tersebut menambahkan info terbaru yang didapat. Ia menyebut bahwa para nelayan yang mencari ikan di waduk tersebut sudah menyandarkan perahu dan berada di darat saat puting beliung terjadi.

"16.41 update. Menurut laporan dari nitizen, alhamdulillah nelayan sudah bersandar ke darat saat terjadi angin putinh beliung tersebut," pungkasnya.

Berdasarkan video yang diunggah, peristiwa puting beliung tersebut ramai jadi bahan tontonan warga sekitar. Dalam video tersebut terdengar riuh suara para warga yang takjub menyaksikan fenomena alam itu. Salah satu dari mereka terpukau dan menyebut puting beliung sebagai tontonan yang bagus.

"Aku weruh cedhak lagi iki, biasane adoh-adohan (Aku lihat dari dekat baru kali ini, biasanya dari jauh)" ucap salah satu warga.

"Apik yo (Bagus ya)," saut warga lainnya.

Baca Juga: Dicekoki Miras, Siswi SMP di Wonogiri Diperkosa Beberapa Pelajar

Dalam kolom komentar unggahan tersebut, tampak seorang warganet yang berkompeten di bidang klimatologi menjelaskan fenomena alam tersebut. Ia juga menjelaskan apa saja yang perlu diwaspadai saat terjadi puting beliung.

"Izin koreksi min, itu di ilmu meteorologi itu namanya water spout yang bisa terjadi saat ada gugusan awan cumulonimbus (cb). Tapi bahasa mudahnya bisa disebut puting beliung di laut," tulis warganet dengan akun @tesladziki**.

Di perairan indonesia memang sering terjadi demikian terlebih saat musim hujan karena banyak awan cb tumbuh di perairan. Perlu diwaspadai di kemudian hari saat terjadi water spout agar nelayan segera menjauhi daerah tsb, karena adanya downburst(angin kencang) dan hujan lebat di lokasi waterspout.

"Kebetulan dinas di bmkg sekalian mengedukasi masyarakat. Maturnuwun," pungkasnya.

Video selengkapnya dapat dilihat di sini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait