alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Tangan Rizieq Shihab Dipelintir oleh Petugas hingga Lebam?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara Rabu, 24 Maret 2021 | 15:07 WIB

CEK FAKTA: Tangan Rizieq Shihab Dipelintir oleh Petugas hingga Lebam?
Fakta tangan Rizieq lebam dipelintir petugas (Turnbackhoax.id)

Benarkah tangan Rizieq Shihab lebab karena dipelintir oleh petugas? Simak penjelasannya berikut!

BeritaHits.id - Beredar foto Rizieq Shihab menjalani persidangan. Dalam foto tersebut, Rizieq disebut-sebut dipelintir oleh petugas hingga menyebabkan tangannya lebam.

Foto tersebut diunggah oleh akun YouTube Titik Tumpu dengan judul video 'Gempar! - Tangan Habib Rizieq Dipelintir untuk Menghadiri Persidangan hingga Trkilir dan Lebam'.

Tak hanya itu, akun tersebut juga menambahkan narasi sebagai berikut:

"Rezim sengaja ingin menghabisi Habib Rizieq, HRS jelas dizolimi tangan dipelintir oleh petugas hingga lebam'.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Dana Suap Habib Rizieq ke Jaksa Agung Terbongkar?

Benarkah klaim tersebut?

Fakta tangan Rizieq lebam dipelintir petugas (Turnbackhoax.id)
Fakta tangan Rizieq lebam dipelintir petugas (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (24/3/2021), klaim yang menyebut tangan Rizieq Shihab dipelintir oleh petugas hingga lebam adalah klaim yang keliru.

Faktanya, foto yang diunggah oleh akun tersebut merupakan foto editan dengan menambahkan warna merah pada tangan Rizieq sehingga terkesan lebam.

Foto asli Rizieq diambil pada Sabtu (12/12/2020), sesaat setelah Rizieq tiba di Polda Metro Jaya. Dalam foto tersebut tidak terlihat tangan Rizieq mengalami merah karena lebam.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Jaksa Ditangkap Terima Suap di Sidang Rizieq Shihab?

Dikutip dari Medcom.id, foto identik diunggah oleh situs Okezone.com pada Sabtu, 12 Desember dengan keterangan 'Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya (Foto: Ari Sandita)'.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait