alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik Dilarang tapi Jokowi Disebut Ngotot ke Solo Mau Nyekar, Ini Faktanya

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani Senin, 26 April 2021 | 15:48 WIB

Mudik Dilarang tapi Jokowi Disebut Ngotot ke Solo Mau Nyekar, Ini Faktanya
(Youtube/retariat Presiden)

Beredar narasi Presiden Jokowi ngotot mudik ke Solo dengan alasan mau nyekar. Benarkah demikian?

BeritaHits.id - Beredar narasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ngotot mudik ke Solo dengan alasan mau nyekar ke kampung halaman. Benarkah demikian?

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sendiri telah melarang masyarakat di luar Kota Solo melakukan mudik lebaran. Tak terkecuali ayahnya yang merupakan seorang Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Eggak, (Jokowi) enggak mudik," kata Gibran seperti dilansir dari Solopos.com -- jaringan Suara.com, Kamis (22/4/2021).

Larangan itu tertuang dalam SE Wali Kota Nomor 067/1156. Gibran resmi melarang semua pihak mudik ke Solo mulai 1-17 Mei 2021.

Baca Juga: Sidang Rizieq, Anak Buah Anies Dicecar soal Jokowi Hadiri Pernikahan Artis

Meski demikian aturan tersebut tidak diberlakukan bagi pelayanan distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak. Seperti perjalanan dinas, mengunjungi keluarga yang sakit, melayat, serta kepentingan persalinan.

Namun, Jokowi diisukan ngotot tetap ingin mudik ke Solo meski dilarang. Isu ini muncul setelah sebuah video pengakuan Jokowi beredar di TikTok.

Dalam video itu, Jokowi mengatakan ingin ke kota Solo. Namun, keinginannya itu diakui telah dilarang Gibran.

Viral Narasi Jokowi Ngotot Mudik ke Solo Meski Dilarang. (TikTok/@buya_fahlevy)
Viral Narasi Jokowi Ngotot Mudik ke Solo Meski Dilarang. (TikTok/@buya_fahlevy)

Kendati demikian, Jokowi tetap ngotot ingin ke Solo. Alasannya, ia ingin pergi nyekar ke kampung halaman sehingga harus mudik meski dilarang.

"Ya salah satunya dia ngomong seperti itu (Gibran melarang mudik). Bilang, 'Ya bapak gak usah ke Solo dulu'," kata Jokowi dalam video yang dibagikan akun TikTok @buya_fahlevy seperti dikutip oleh BeritaHits.Id, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Digoda Emak-emak Bermobil, Jokowi Mendadak Jongkok Bikin Paspampres Terdiam

"Tapi kan saya mau nyekar ke kampung halaman," jawab Jokowi ngotot ke Gibran.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait