facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengamat: Gaduh Bipang Ambawang Cara Pengalihan Isu Kedatangan WN China

Rifan Aditya | Hernawan Senin, 10 Mei 2021 | 07:48 WIB

Pengamat: Gaduh Bipang Ambawang Cara Pengalihan Isu Kedatangan WN China
Jokowi saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa, di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, 8 April 2021 / [SuaraSulsel.id / Sekretariat Presiden]

"Bisa jadi isu bipang dan radikalisme merupakan bagian dari pengalihan isu atas kedatangan warga negara China di Indonesia," kata Saiful Anam.

BeritaHits.id - Pengamat politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam menilai ada maksud terselubung di balik gaduhnya pidato Presiden Jokowi soal kuliner bipang ambawang.

Saiful Anam mengatakan, bisa jadi kegaduhan bipang ambawang merupakan cara pengalihan isu kedatangan Warga Negara Asing (WNA) China yang belakangan juga menyeruak.

"Bisa jadi isu bipang dan radikalisme merupakan bagian dari pengalihan isu atas kedatangan warga negara China di Indonesia," ujarnya seperti dikutip Beritahits.id dari Hops.id -- Jaringan Suara.com, Senin (10/5/2021).

Bukan tanpa sebab, Saiful Anam menilai isu kedatangan WNA China melukai rakyat Indonesia. Apalagi mereka datang di tengah larangan mudik lebaran.

Baca Juga: Heboh Wanita Sebut Polisi Lebih Sibuk Tangkap Pemudik Ketimbang Koruptor

Dari fenomena itu, dia menyebut pemerintah terkesan lebih sayang kepada WN China daripada warganya sendri.

"Warga negara China diperbolehkan berlalu lalang datang ke Indonesia, tapi warga negara sendiri dilarang mudik yang cukup sakral di Indonesia," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, belum lama ini publik dikejutkan dengan kedatangan WN China di Bandara Soekarno Hatta. Dikabarkan bahwa sebanyak 288 WN China masuk ke Indonesia secara bergelombang.

Jokowi sebut Bipang Ambawang dalam pidato (twitter.com/@BossTemlen)
Jokowi sebut Bipang Ambawang dalam pidato (twitter.com/@BossTemlen)

Jokowi Sebut Bipang Ambawang

Pidato Jokowi membuat riuh seusai menyinggung bipang ambawang salah satu kuliner Kalimantan.

Baca Juga: Viral Bocah Serbu Pembagian Takjil Gratis, Hasil Ditimbun Sampai Menggunung

Kata kunci 'bipang' sampai menduduki trending topic Twitter, Sabtu (8/5/2021) pagi. Ini gara-gara bipang ambawang disebut bisa dijadikan oleh-oleh pengganti mudik Lebaran, sehingga publik bereaksi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait