alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Foto Puing KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat ke Permukaan

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani Senin, 10 Mei 2021 | 18:45 WIB

CEK FAKTA: Foto Puing KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat ke Permukaan
CEK FAKTA Foto Puing KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat Ke Permukaan. (Turnbackhoax.id)

Foto itu termuat dalam artikel berjudul "Tangisan Keluarga Korban Pecah, Tim Evakuasi Berhasil Angkat Puing Puing KRI Nanggala 402 Kepermukaan".

BeritaHits.id - Beredar foto dan narasi yang menyebutkan puing-puing kapal selam KRI Nanggala 402 berhasil dievakuasi dan diangkat ke permukaan.

Narasi ini dibagikan oleh situs haimoms[dot]blogspot.com pada 1 Mei 2021. Situs ini membagikan foto ini dalam artikel yang berjudul "Tangisan Keluarga Korban Pecah, Tim Evakuasi Berhasil Angkat Puing Puing KRI Nanggala 402 Kepermukaan".

Di artikel tersebut, terdapat foto yang memperlihatkan bangkai sebuah kapal selam yang baru diangkat ke permukaan. Pada bangkai kapal selam ini, terlihat di bagian atas kapal tulisan “402”, yang dilingkari merah.

Selain memperlihatkan bangkai kapal selam, foto itu juga menunjukkan sejumlah wanita, yang salah satunya menangis. Ada pula dua wanita yang sedang berpelukan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Viral Video Warga Mudik Lewat Sungai, Benarkah?

Lantas benarkah klaim ini?

CEK FAKTA Foto Puing KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat Ke Permukaan. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Foto Puing KRI Nanggala 402 Berhasil Diangkat Ke Permukaan. (Turnbackhoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, klaim foto bangkai sebuah kapal selam dengan tulisan “402” yang baru diangkat ke permukaan merupakan KRI Nanggala 402 merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan. Foto itu merupakan hasil suntingan dengan menambahkan tulisan 402 di foto bangkai kapal selam K-141 Kursk milik Rusia yang hancur dalam sebuah ledakan besar pada 12 Agustus 2000.

Dilansir dari Tempo, foto kapal selam yang terlihat dalam thumbnail video tersebut identik dengan foto yang pernah dimuat oleh situs berbahasa Rusia, Oir Mobi dalam artikelnya pada 18 Februari 2020 yang berjudul “Kapal Selam Kursk”. Bedanya, dalam foto ini tidak terlihat tulisan “402” di bagian atas kapal.

Baca Juga: Hits Lifestyle: Baby Bump Meghan Markle, Foto KTP Pria Cakep

Foto yang sama juga pernah dimuat oleh Tempo pada 24 April 2021 dalam artikelnya yang berjudul “6 Kecelakaan Kapal Selam Terburuk dalam Sejarah”.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait