alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cek Fakta: Benarkah Lingkaran Merah di Tabung Gas LPG Penanda Jika Terdapat Kebocoran?

Reza Gunadha | Aulia Hafisa Kamis, 23 September 2021 | 19:00 WIB

Cek Fakta: Benarkah Lingkaran Merah di Tabung Gas LPG Penanda Jika Terdapat Kebocoran?
Benarkah Lingkaran Merah di Tabung Gas LPG Penanda Jika Terdapat Kebocoran? (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi bahwa tanda lingkaran merah pada bagian atas tabung adalah penanda tabung masih aman atau tidak. Benarkah?

BeritaHits.id - Akun instagram bernama @/infodenpasarbali_ mengunggah gambar tabung LPG dengan narasi klaim bahwa tanda lingkaran merah pada bagian atas tabung adalah penanda tabung masih aman atau tidak.

Jika lingkaran berwarna menjadi hitam maka segera menyelamatkan diri karena tabung bisa meledak.

Berikut narasi yang beredar: 

“Bu Ibu… ini soal Warna merah yg punya arti..

Baca Juga: Viral Curhat Anak Pergoki Bapaknya Simpan Foto Cewek di HP, Endingnya Ngelus Dada

Sebagaian Orang Mungkin Tidak Tau, termasuk sy yg baru tau skrg

“Penting!!!
Khususnya bagi ibu ibu yang gak bisa lepas dari urusan dapur… Selama ini saya belum tau dan baru tau sekarang kalau fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung Gas

Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja. Jika dugaan anda seperti itu jawabannya salah besar ! Lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan. Bagaimana cara kerjanya ? Simak penjelasan berikut :

Bila pada saat anda memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor yang perlu dilakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut, jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk dilepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman, dan anda harus cepat-cepat menyelamatkan diri karena tabung dalam kondisi status berbahaya.

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang dibuat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.

Baca Juga: Viral, Seorang Pria di Balikpapan Melakukan Aksi Onani di Muka Umum

Semoga Bermanfaat" 

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait