alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Peserta UTBK Curang Pakai Joki, Auto Kena Blacklist dan Rugi 50 Juta

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani Minggu, 18 April 2021 | 14:54 WIB

Viral Peserta UTBK Curang Pakai Joki, Auto Kena Blacklist dan Rugi 50 Juta
Viral Peserta UTBK Curang Pakai Joki. (Twitter/@tubirfess)

Dia sudah membayar DP 50 juta dari total yang disepakati 300 juta untuk lulus masuk kedokteran.

BeritaHits.id - Pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) beberapa waktu lalu masih menjadi perbincangan. Terbaru adalah terungkapnya kasus peserta UTBK yang curang dengan menggunakan joki.

Kasus ini menjadi viral di media sosial dan dibagikan oleh akun Twitter @tubirfess. Hingga berita ini dibuat, postingan itu telah di-retweet lebih dari 2.500 kali dan mendapatkan tanda like 17 ribu.

Peserta UTBK yang ketahuan curang itu disebut berniat masuk ke Fakultas Kedokteran. Namun, aksi curangnya itu terungkap sehingga ia harus menelan kerugian mencapai Rp30 juta dan di-blacklist.

"Mantap. Rugi 30 juta plus di blacklist," tulis @tubirfess seperti dikutip dari BeritaHits.Id, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Viral Kisah Pria 4 Kali Menikah dan 3 Kali Cerai dengan Wanita yang Sama

Diketahui peserta UTBK itu menggunakan jasa perjokian. Ia membawa alat yang bisa memotret soal dan secara otomatis terkirim ke sang joki yang nantinya akan mengirimkan jawaban.

Peserta itu mengungkapkan ia harus mengeluarkan kocek total mencapai Rp300 juta demi membayar jasa joki itu. Namun, ia mengaku baru membayar jasa sebesar Rp50 juta.

Viral Peserta UTBK Curang Pakai Joki. (Twitter/@tubirfess)
Viral Peserta UTBK Curang Pakai Joki. (Twitter/@tubirfess)

"Peserta UTBK yang kedapatan menggunakan jasa perjokian. Jadi alat ini bisa memotret soal dan otomatis terkirim ke sang joki," jelas tangkapan layar dalam akun tersebut.

"Menurut pengakuannya, dia sudah membayar DP 50 juta dari total yang disepakati 300 juta untuk lulus masuk kedokteran Unhas," lanjutnya.

Buntut kejadian itu, para peserta UTBK selanjutnya diminta untuk selalu fokus belajar dan percaya diri. Cara curang dinilai hanya semakin merugikan masa depan.

Baca Juga: Sudah Semangat Sholat Berjamaah, Pria Ini Berakhir Malu Lihat Pakaiannya

"Pesan moral buat adek-adek ku sekalian, tetap fokus belajar. Yakin pada kemampuan kalian, selalu percaya diri," kata tangkapan layar dalam akun tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait