facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA: Pemerintah Indonesia Paksakan Vaksin Booster Untuk Rakyat, Benarkah?

Chyntia Sami Bhayangkara | Ruth Meliana Dwi Indriani Minggu, 05 Desember 2021 | 19:13 WIB

CEK FAKTA: Pemerintah Indonesia Paksakan Vaksin Booster Untuk Rakyat, Benarkah?
CEK FAKTA Pemerintah Indonesia Paksakan Vaksin Booster Bagi Masyarakat. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi Pemerintah Indonesia memaksakan suntikan vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat Tanah Air yang berpotensi mengakibatkan kematian. Benarkah?

BeritaHits.id - Beredar narasi Pemerintah Indonesia memaksakan suntikan vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat Tanah Air yang berpotensi mengakibatkan kematian.

Narasi ini beredar luas melalui pesan berantai WhatsApp. Pesan itu menyebut pemerintah agar memberikan vaksin ketiga bagi rakyat tanpa memperhatikan saran Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA).

Selain itu, pesan itu menyebut jika FDA sudah menolak suntikan vaksin Pfizer dosis ketiga di AS. Hal ini disebabkan karena suntikan booster berpotensi mengakibatkan infeksi berat pada hati sampai kematian.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Cegah Omicron, Kenneth DPRD DKI: Anies Harus Mulai Persiapan Vaksinasi Booster

RE: Pak Presiden dan Pak Menteri PCR, Don’t Kill My Friends and My Family Members With Mandated Vaccines…!!!

Kenapa pemerintah NKRI mau memaksakan suntikan vaksin booster dosis ke #3 kepada publik, sedangkan Food and Drug Administration (FDA) USA sudah menolak suntikan Pfizer booster dosis ke #3 di AMERIKA karena meningkatkan potensi dan mengakibatkan infeksi berat pada hati (Severe Heart Infections), Heart Failure and Deaths…!!!.

CEK FAKTA Pemerintah Indonesia Paksakan Vaksin Booster Bagi Masyarakat. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Pemerintah Indonesia Paksakan Vaksin Booster Bagi Masyarakat. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Beritahits.id, narasi Pemerintah Indonesia memaksakan suntikan vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat yang berpotensi mengakibatkan kematian tidak benar.

Baca Juga: Heboh Petai Raksasa di Banjarnegara, Ukurannya 5 Kali Lipat dari Normal!

Faktanya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) saat ini masih fokus memenuhi target vaksin dosis kedua terhadap masyarakat.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait