alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Letusan Gunung Semeru, Bikin Merinding

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani Rabu, 08 Desember 2021 | 14:33 WIB

Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Letusan Gunung Semeru, Bikin Merinding
Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Letusan Gunung Semeru. (TikTok)

"Satu-satunya rumah yang selamat di Kampung Renteng," tulis pengunggah video.

BeritaHits.id - Erupsi Gunung Semeru telah meluluhlantakkan sejumlah desa. Baru-baru ini, viral penampakan satu-satunya rumah di sebuah desa yang selamat dari letusan Gunung Semeru.

Penampakan ini dibagikan oleh akun TikTok @rendra_tegar. Hingga berita ini dipublikasikan, video sedikitnya telah disaksikan 2,6 juta kali dan mendapatkan 170 ribu tanda suka.

Dalam video, seorang warga merekam kondisi di Dusun Kampung Renteng, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Terlihat, ada satu rumah yang selamat dari terjangan erupsi Semeru.

Menurut akun ini, rumah tersebut milik warga yang bernama Pak Roh. Rumah milik Pak Roh itu masih berdiri tegak dan tidak ambruk.

Baca Juga: Wanita Pamer Jadi Ibu Bhayangkari, Tak Disangka Ternyata Kekasihnya Polisi Gadungan

"Satu-satunya rumah yang selamat di Kampung Renteng, rumah Pak Roh. #PrayforSemeru #fyp," tulis akun ini sebagai keterangan TikTok seperti dikutip Beritahits.id, Rabu (8/12/2021).

Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Letusan Gunung Semeru. (TikTok)
Viral Satu-satunya Rumah Selamat dari Letusan Gunung Semeru. (TikTok)

Kondisi rumah-rumah di Kampung Renteng itu terlihat memperihatinkan. Pasalnya, hampir semua rumah telah rusak karena tenggelam dalam lahar dingin.

Tak sampai di situ, kebanyakan rumah hanya terlihat bagian atapnya saja. Hal ini membuat warga kesulitan masuk ke rumah mereka sendiri untuk melihat keadaannya.

Sementara itu, rumah milik Pak Roh sama sekali tidak tenggelam dalam lahar dingin. Rumah itu hanya terlihat kotor saja karena abu dan lahar dingin yang menjadi lumpur di halaman.

Suasana sekitar rumah Pak Roh itu sendiri tampak mencekam. Pasalnya, rumah di samping kanannya sudah tenggelam dalam lahar dingin, sedangkan rumah di samping kirinya sudah hancur.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Gadang, Rumah Adat Sumatera Barat

Warga yang merekam rumah itu juga menunjukkan kondisi setelah melewati rumah Pak Roh. Tampak jalanan sudah menjadi hamparan lahar dingin dan hanya menyisakan pohon-pohon kelapa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait